Inilah 6 Keunggulan Durian Musang King yang Nikmat dan Menyehatkan
Durian musang king menjadi salah satu buah durian yang paling diminati oleh banyak orang. Daging buahnya berwarna kuning, tebal, empuk, manis, sedikit pahit, dengan biji kecil dan tipis, membuat durian ini mengalahkan popularitas durian monthong dari Thailand.

Namun apa saja sebenarnya keunggulan durian musang king yang viral dan harganya mahal itu? Apa yang membuat durian musang king ini jadi salah satu buah yang dinobatkan sebagai Raja Buah dari Malaysia? Simak penjelasannya berikut ini.

6 Keunggulan Durian Musang King

Durian musang king adalah buah yang berasal dari Malaysia. Bentuk fisik durian musang king ini berbentuk sedang, yang biasanya memiliki berat rata-rata per buah hanya sekitar 2 kilogram. Warna kulit durian musang king ini adalah hijau kekuningan. Warna tersebut bisa Anda lihat dari ujung duri hingga akarnya.

Batang durian musang king juga lebih panjang dari biasanya, dan mahkota buah (tangkai buah) ternyata terpisah dari duri. Ciri khas lain yang  bisa dikenali dari durian musanking ini adalah adanya garis yang memisahkan kulit buah durian.

Selain itu, ia memiliki keunggulan Raja Musan Durian, karena ia disebut Raja Durian. berikut adalah keunggulan durian musang king:

1. Citarasanya yang sangat juara

Citarasanya yang sangat juara

Ketika membahas soal durian musang king, durian jenis ini populer hanya karena rasanya yang sangat nikmat. Buah durian musang king menawarkan rasa manis dan pahit sama halnya dengan durian lokal.

Selain itu, durian musang king juga memiliki aroma yang  menyengat dan sedikit alkoholisme yang menjadi khas dari buah durian.

Selain itu, rasa buah Durian Musanking lebih lembut di lidah seperti mentega yang dilelehkan, kemudian dipadukan dengan balutan rasa dagingnya yang manis nan elegan degnan sedikit rasa yang sedikit pahit.

2. Daging buah durian musang king tebal

Daging buah durian musang king tebal

Durian ini memiliki warna daging buah yang sagat bagus yaitu kunyit kuning. Selain itu buahnya tidak hanya kaya dan tebal, tetapi juga lembut dan kering.

Biji dari durian musang king ini ternyata sedikit lebih kecil dan menyebabkan dagingnya lebih kental dan tebal dibandingkan jenis durian lainnya.

3. Bisa tumbuh dimanapun

Bisa tumbuh dimanapun

Tanaman durian musang king dikenal cukup mudah beradaptasi dan tumbuh dengan baik di dataran rendah dan dataran tinggi. Namun, pada ketinggian yang ideal, yaitu pada ketinggian 400.600 MDPL.

Namun, untuk di beberapa daerah seperti Malang dan Jawa Timur, durian musang king juga bisa tumbuh dengan baik hingga ketinggian sekitar 1.000 MDPL.

4. Mudah berbuah

Mudah berbuah

Salah satu keunggulan durian musang king adalah mudah berbuah. Jika pohon musang king ini dirawat dalam kondisi baik, panen buah durian ini bisa dinikmati saat tanaman berumur 3-4 tahun.

Ini sangat berbeda jauh dengan durian jenis lain yang biasanya tumbuh di negara-negara Asia. Durian lokal yang banyak ditemukan di banyak tempat, bisa dipanen pada usia 5 hingga 6 tahun.

5. Harganya mahal

Harganya mahal

Nilai penjualan Buah Durian Musan King mencapai Rp 135.000 per kilogramnya. Bahkan di kota-kota besar seperti Surabaya, buah durian musang king dijual seharga Rp150.000 per kilogram untuk satu buah utuh segar.

Jika dijual dalam bentuk buah beku, nilai nominalnya adalah mencapai Rp465.000. Untuk di tingkat petani dan produsen, buah durian musang ing dijual per butir buahnya. Biasanya, harga per item Rp. 75.000 hingga Rp. Antara 100.000.

Jika dibandingkan dengan harga eceran durian lokal yang biasanya dijual dengan harga Rp10.000 atau paling mahal Rp30.000 per bijinya di tingkat petani.

6. Termasuk ke jenis durian yang populer

Termasuk ke jenis durian yang populer

Dari beberapa durian impor yang beredar dan tumbuh di Indonesia, ternyata durian musang king kini menjadi durian paling populer dan dapat menggantikan durian monthong asal Thailand yang dulunya sang jagoan buah durian.

Mengingat semua manfaat, kandungan, serta banyaknya keunggulan durian musangking, tak heran durian ini menjadi primadona baru untuk buah durian.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki durian musang king yang lebih banyak dibanding durian lokal lain yang tumbuh dan hidup di banyak negara Asia Tenggara. Setelah mengetahui semua hal tersebut, apakah kamu masih ragu-ragu untuk mencoba durian musang king?

Segera cicipi durian musang king dan rasakan berbagai kenikmatan yang bakal kamu dapatkan nantinya.