Pemain Spanyol Euro 2021: Daftar Lengkap dan Formasinya

pemain-spanyol-euro-2021

Spanyol juga menjadi klub yang tak kalah terkenalnya pada pertandingan sepak bola yang diadakan. Banyak sekali masyarakat yang penasaran daftar lengkap pemain Spanyol Euro 2021, mengingat mereka selalu menjadi favorit dan banyak pemain bintang di dalamnya. 

Tentang Timnas Spanyol 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Timnas Spanyol memiliki tradisi sepak bola yang kuat. Mereka kerap memenangkan turnamen yang diadakan. Spanyol juga menyisihkan para pemain bintang, diantaranya adalah David de Gea, Alvaro Morata dan Thiago Alcantara. 

Selain itu Spanyol juga menjadi Timnas sepakbola yang sangat kuat dengan julukan La Furia atau Tim Matador. Mereka berhasil menyandang 1 gelar juara dunia pada tahun 2010 dan 3 kali menjadi juara di Eropa tahun 2012, 2008 dan 1964. 

Bisa dibilang jika antara tahun 2008-2012 menjadi tahun keemasan bagi mereka karena mampu meraih 3 trophy berturut-turut dalam turnamen yang tidak bisa dianggap remeh Euro 2012, World Cup 2010, Euro 2008). 

Walaupun begitu ternyata prestasi Spanyol sempat dikabarkan menurun karena tersingkir dalam babak 16 besar saat Piala Dunia di tahun 2018. Pelatih Timnas Spanyol saat ini bernama Luis Enrique yang mengandalkan David da Gea, Thiago Alcantara yang menjadi andalan serta Jordi Alba. 

Kapten yang bertugas pada Euro 2021 ini adalah Sergio Busquets menggantikan Sergio ramos yang telah absen. Selain itu Spanyol juga diisi oleh beberapa pemain muda diantaranya adalah Rodri, Ferran Torres, Mikel Oyarzabal, Dani Olmo, Pedri dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Pemain Spanyol Euro 2021 

Berikut ini adalah daftar lengkap pemain Spanyol Euro 2021 lengkap dengan asal klub, posisi dan nomor punggung:

Nomor PunggungNegaraNama PemainPosisi
1Manchester UnitedDavid da GeaGK
13BrightonRobert SanchezGK
23Athletic BilbaoUnai SimonGK
2ChelseaCesar AzpilicuetaDF
3Leeds UnitedDiego LlorenteDF
4VillarrealPau TorresDF
12Manchester CityEric GarciaDF
14ValenciaJose GayaDF
188BarcelonaJordi AlbaDF
24Manchester CityAymeric LaporteMF
5BarcelonaSergio BusquetsMF
6Atletico MadridMarcos LlorenteMF
8Atletico MadridKokeMF
10LiverpoolThiago AlcantaraMF
16Manchester CityRodriMF
17NapoliFabian RuizMF
19RB LeipzigDani OlmoMF
20WolverhamptonAdama TraoreMF
22PSGPablo SarabiaMF
26BarcelonaPedriMF
7JuventusAlvaro MorataFW
9VillarrealGerard MorenoFW
11Manchester CityFerran TorresFW
21Real SociedadMikel OyarzabalFW

Dari sekian daftar di atas, yang menjadi cadangan pada Euro 2021 adalah:

  • Kepa Arrizabalaga 
  • Brais Mendez 
  • Rodrigo Moreno 
  • Carlos Soler 
  • Pablo Fornals 

Sedangkan untuk pemain U21 yang telah dipanggil oleh Timnas Spanyol adalah:

  • Alvaro Fernandez. 
  • Javi Puado. 
  • Oscar Minguez. 
  • Yeremy Pino. 
  • Bryan Gil. 
  • Martin Zubimendi. 
  • Juan Miranda. 
  • Brahm. 
  • Gonzalo Villar. 
  • Alex Pozo. 

Jadi itu dia beberapa daftar pemain Spanyol Euro 2021 lengkap dengan nomor punggung, asal negara serta posisinya. Nah selanjutnya bagaimana formasi yang sudah dibentuk oleh pelatih?

Formasi  yang Dibentuk Oleh Pelatih 

Pelatih Luis Enrique membentuk sebuah formasi yang menjadi andalan Timnas Spanyol. Tetap, kaptennya adalah Sergio Busquets dari Barcelona dan yang dibentuk adalah 4-3-3, yaitu: 

Simon 

Azpilicueta – Laporte – Pau Torres – Alba 

Koke – Busquets – Pedro

Ferran – Morata – Olmo 

Nah sekarang para pemirsa sudah bisa menikmati pertandingan Euro 2021 di beberapa stasiun televisi, termasuk Timnas Spanyol yang akan melawan beberapa tim hebat lainnya. Namun perlu diketahui lagi jika formasi di atas akan mengalami perubahan baik dari segi bentuk atau pemainnya. 

Sang pelatih melihat kondisi terlebih dahulu dan membentuk formasi paling terbaik. Selain itu, masyarakat juga dikejutkan dengan Morata, Moreno, Mikel dan Pedri yang bertugas sebagai penyerang. 

Pertandingan para pemain Spanyol Euro 2021 dengan tim lawan akan menjadi pertempuran yang cukup sengit. Mengingat latihan dan persiapan yang sudah mereka lakukan tidak main-main. Kabar buruknya, ternyata sang Kapten, Sergio Busquets harus pulang karena terpapar Covid-19.