Durian Musang King, Durian Paling Nikmat! Berikut Tips Memilihnya!

Durian Musang King

Durian Musang King merupakan buah unggulan yang berasal dari tetangga kita, Malaysia. Buah ini sangat terkenal di kalangan pecinta durian karena memiliki daging yang lembut dan sangat creamy. Kita belum bisa dikatakan sebagai seorang pecinta buah durian apabila belum pernah mencoba durian yang satu ini.

Selain rasanya yang begitu memanjakan lidah, durian ini juga terkenal dengan aroma nya yang sangat kuat. Inilah mengapa kita harus merogoh kocek cukup banyak untuk menikmati satu buah paling enak ini. Karena aromanya yang sangat pekat, pihak bandara seringkali tidak meloloskan buah yang satu ini. Ini menjadi kendala kegiatan ekspor buah rajanya para durian ini.

Sebelum masuk ke tips memilih buah yang satu ini, kita wajib kenal dulu dengan buah yang satu ini. Nah, untuk mengenal lebih lanjut mengenai buah durian yang satu ini, kita bahas terlebih dahulu asal usulnya. Simak pembahasannya berikut ini.

Asal Usul Buah Durian Musang King

Buah Durian Musang King menghebohkan daerah Malaysia pertama kali pada tahun 1990. Pada saat itu, terdapat salah satu kawasan di daerah Malaysia yang mampu menghasilkan buah durian yang sangat lezat. Buah itu memiliki daging berwarna kuning yang tebal dan memiliki biji yang sangat tipis. Kemudian ditambah dengan tekstur yang sangat creamy dengan rasa manis dan sedikit pahit, menambah daya tarik dari buah itu.

Buah itu diberi nama buah Durian Musang King karena awalnya, pohon induk durian ini ditemukan di sebuah Gua bernama Gua Musang yang berada di daerah Kelantan, Malaysia. Namun, ada juga beberapa penduduk setempat yang menyebutnya dengan sebutan mao shan wang yang artinya adalah raja kucing.

Setelah mulai dikenal masyarakat luas, banyak petani durian di daerah tersebut yang berbondong-bondong menanam biji dari durian jenis itu. Kemudian pada tahun 2000, para petani itu sudah bisa memanen hasil dari biji yang mereka tanam sebelumnya. Dengan semakin banyaknya petani yang mampu menghasilkan buah Durian Musang King, saat itu masyarakat setempat sudah bisa menemukan buah yang satu ini dengan cukup mudah.

Mulai saat itu, permintaan pasar terkait kebutuhan Durian Musang King meningkat drastis. Buah ini membuat heboh banyak kalangan karena kualitasnya yang terjamin dan rasanya yang tidak ada duanya.

Keunggulan Durian Musang King

Setelah membahas asal usulnya, kita juga harus mengetahui apa saja keunggulan dari buah yang satu ini. Dengan mengetahui keunggulannya, kita bisa mengetahui apa yang akan kita dapatkan dari buah yang satu ini.

Bibit yang Cepat Berbuah

Keunggulan yang pertama adalah pohon yang cepat berbuah. Pohon buah dari Malaysia ini memiliki keistimewaan yang tidak ada pada pohon durian lain. Ia termasuk ke dalam varietas raja kucing yang memiliki bibit berkaki 3.

Dengan memiliki bibit berkaki 3, maka ia akan memiliki banyak kaki penopang dan juga perakaran. Banyaknya kaki penopang dan perakaran pada bibit jenis ini, membuatnya mampu menyerap lebih banyak nutrisi. Karena jumlah penyerapan nutrisi yang lebih banyak, proses pertumbuhan dan juga berbuahnya menjadi semakin cepat.

Inilah yang membuat para petani durian senang menanam bibit durian yang satu ini. Dengan menanam bibit Durian Musang King, mereka bisa memanen hasilnya lebih cepat. Dalam waktu 3 sampai 5 tahun di saat pohonnya masih pendek, ia sudah siap untuk memasuki masa panennya.

Namun, karena kini semakin banyak petani durian yang menanam bibit jenis ini, harga Durian Musang King semakin menurun di daerah Malaysia. Satu kilo yang tadinya seharga 125 RM atau Rp. 434.200, kini kita bisa membelinya dengan harga 50 RM hingga 65 RM atau sekitar Rp173.700 hingga Rp225.800 saja.

Hal itu merupakan berita bagus bagi kita sebagai penikmat durian, namun akan menjadi berita buruk bagi para petani.

Lokasi Tanam Yang Lebih Fleksibel

Keunggulan berikutnya adalah lokasi tanam bibit yang lebih fleksibel. Biasanya, petani durian menanam bibit durian di daerah dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 1000 mdpl. Mereka biasanya menanam bibit di ketinggian 400 mdpl hingga 600 mdpl untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Berbeda dengan bibit durian yang biasanya, bibit Durian Musang King mampu bertahan di daerah dengan ketinggian diatas 1000 mdpl. Walaupun hasilnya nanti akan mendapatkan buah dengan warna daging yang sedikit pucat, tapi rasa manis dan perpaduan pahitnya akan lebih pas. 

Bagi kita yang suka dengan rasa pahit pada durian, buah dari bibit Durian Musang King ini akan terasa lebih pas dan lebih nikmat. Namun, apabila kita lebih suka rasa manis dan tampilan warna kuning mencolok yang menggugah selera, hasil dari bibit pada ketinggian di bawah 1000 mdpl akan terasa lebih enak.

Rasa dan Aroma yang Khas dari Durian Musang King

Keunggulan selanjutnya sudah pasti adalah rasa dan aroma yang tidak ada duanya. Karena kelebihannya ini juga, buah ini pantas mendapatkan gelar raja di antara para durian lainnya.

Buah asal negeri Upin-Ipin ini memiliki rasa yang khas. Rasanya sangat kuat dan berbeda dengan durian lainnya. Rasa manis yang bercampur dengan pahit, menambah keistimewaan tersendiri dari buah yang satu ini. Bahkan, ada seorang pecinta durian yang mengatakan bahwa semakin pahit rasa durian, maka semakin enak rasanya.

Kemudian aroma yang sangat kuat juga menjadi daya tarik dari tambahan. Aromanya itu, akan membuat orang-orang menjadi tidak sabar untuk segera menyantapnya.

Tips Memilih Durian Musang King

Inilah dia topik utama kita, cara memilih Durian Musang King. Sebagai seorang yang sangat penasaran dengan durian yang satu ini, tentunya kita tidak ingin salah dalam membelinya, bukan?

Agar kita tidak salah dalam memilih buah Durian Musang King, kita harus mengenali ciri-ciri dari buah tersebut. Berikut ciri-ciri nya :

  • Bentuk buah bulat membujur
  • Berat buah sekitar 1 kg hingga 1.25 kg per biji
  • Kulit luarnya berwarna hijau keperangan
  • Terdapat garis berwarna kelabu di ujung buahnya
  • Isinya berwarna kuning sempurna dan mengkilat
  • Dagingnya tebal dan sangat pekat
  • Bijinya kecil dan tipis
  • Rasanya manis bercampur dengan sedikit pahit
  • Memiliki aroma yang sangat kuat
  • Buah merekah setelah 24 jam jatuh dari pohonnya

Setelah mengetahui ciri-cirinya, kita bisa langsung mengeceknya pada buah durian yang akan kita pilih. Apakah buah durian itu sudah memenuhi sebagian besar dari ciri-ciri di atas atau belum.

Kita bisa mulai dengan mencium aromanya, kemudian sedikit mencicipi rasanya. Lalu kita juga bisa mengecek bagian ujung buah durian. Selain itu, kita juga bisa melihat ukuran dan bentuknya apakah sudah sesuai atau belum.

Tertarik Untuk Membeli Durian Musang king?

Apabila semua ciri-ciri di atas sudah terpenuhi, kita bisa yakin untuk membeli dan memilih durian itu. Walaupun tidak ada jaminan pasti, tapi kita bisa mendapatkan buah durian yang enak dan manis.