Ciri-Ciri Durian Berkualitas yang Harus Anda Ketahui

Dengan kulit cenderung tebal jadi sulit untuk membedakan langsung ciri-ciri durian berkualitas untuk Anda yang ingin membeli dari penjual. Tetapi tenang saja walaupun dari luar dan tanpa membukanya Anda bisa membedakan mana durian yang berkualitas atau tidak.

Hal ini penting untuk dilakukan karena agar nantinya tidak kecewa dengan durian yang dipilih saat membelinya. Karena tampilan luar yang rapi dan cantik belum tentu bisa memastikan bahwa dalamnya juga serupa.

Memang benar Anda bisa bertanya kepada penjualnya bagaimana ciri-ciri durian berkualitas. Tetapi jika saja Anda percaya dengan penjual yang jujur, jika penjual tersebut hanya mengakali Anda, bukannya menikmati duren yang enak tetapi malah merugi karena tidak sesuai ekspektasi.

King of Fruit ini adalah buah khas dari Asia Tenggara dan menjadi sangat populer di bagian Asian tersebut. Karena penghasil bibit serta buah unggul terdapat di negara seperti Malaysia dan Thailand.

Buah ini sangat terkenal akan aromanya yang khas dan kuat, hal ini membuat duren menjadi disukai dan dibenci. Karena selain banyak penggemarnya juga ditemukan banyak orang tidak menyukainya, salah satu alasannya dari aroma.

Periksa Warna dan Bentuk Durian

Ciri-ciri durian berkualitas yang harus diperhatikan adalah pada warna dan bentuk dari buah durennya. Tetapi kebanyakan jika dari segi warna saja, sebenarnya masih sulit untuk ditentukan apakah duren tersebut berkualitas baik atau tidak.

Karena masing-masing jenis durian tersebut memiliki warna yang berbeda-beda, jadi belum tentu dengan warna hijau menandakan buah tersebut belum matang. Atau warna kulit yang kekuning-kuningan menandakan apakah durian tersebut sudah terlalu matang.

Jadi bisa dikatakan agak sulit untuk membedakan durian jika hanya dari kulitnya saja. Oleh karena itu Anda bisa melakukan pemeriksaan selanjutnya dengan memeriksa bagian bentuk dari buah duriannya, apakah cenderung bulat atau lonjong.

Usahakan untuk memilih duren dengan bentuk bulat, jadi hindari dengan yang lonjong. Karena dengan bentuk bulat kemungkinan isi dari daging buahnya akan lebih padat dibadingkan dengan bentuk lonjong, sebenarnya isi buahnya lebih sedikit.

Jadi jangan sampai Anda terkecoh saat mulai membeli durian baik di penjual pinggir jalan atau di supermarket buah. Pastikan pilih ciri-ciri durian berkualitas yang berbentuk hampir bulat sempurna dan tidak lonjong untuk isi lebih padat dan banyak.

Periksa Batang dan Duri pada Durian

Setelah itu untuk membedakan mana durian dengan kualitas baik atau tidak adalah melalui batang dan duri pada kulitnya. Batang dan duri tersebut bukan hanya berperan sebagai hiasan saja, tetapi bisa digunakan untuk mengindikasikan bagaimana kualitas dari duren tersebut.

Tentu untuk memeriksa ciri-ciri ini sangatlah mudah dan cepat, serta hanya perlu memeriksa dengan hanya memperhatikannya sejenak. Perhatikan bagian batang pada buah duren, jika saja tebal dan pendek maka kemungkinan besar daging buah akan lebih tebal.

Sebaliknya jika panjang dan kecil, kemungkinan daging buah akan lebih tipis. Hal ini muncul karena nutrisi dari pohon akan disalurkan melalui batang buah ke dalam buah, jika batang tersebut tebal maka nutrisi masuk ke buah akan lebih banyak tersalurkan.

Jadi bentuk batang buah bisa dijadikan pertimbangan dalam menentukan ciri-ciri durian berkualitas sebelum memilih buah duriannya. Selain itu periksa juga apakah tangkai tersebut sudah kering atau masih dalam keadaan basah seperti habis dipanen.

Usahakan pilih duren dengan batang yang masih basah, itu menandakan bahwa buah baru saja dipanen dan dalam keadaan masih segar. Caralainnya bisa dilihat pada duri dikulit luar, bagaimana kerapatan dan bentuk dari duri itu sendiri.

Tentu saja duri tersebut bukan hanya untuk menandakan bahwa buah tersebut adalah duren, melainkan bisa sebagai penanda rasa buah. Untuk duri yang cenderung panjang dan lebih sering atau padat, biasanya buah tidak terlalu manis.

Sebaliknya jika duri tersebut pendek dan lebih jarang, kemungkinan duren tersebut akan berasa lebih manis. Jadi perhatikan batang dan duri pada buah adalah hal yang perlu untuk mendapatkan duren yang berkualitas baik.

Periksa Aroma dan Kulit Buah Durian

Memeriksa ciri-ciri durian berkualitas lainnya adalah melalui aroma dan keadaan kulitnya, jelas durian akan mengeluarkan aroma yang tajam. Aroma tersebut bisa menjadi daya tarik dan tentunya bisa menjadikan duren dibenci.

Tidak semua orang menyukai aroma dari duren yang tajam, tetapi jika untuk penggemar durian tentunya aroma tersebut menjadi kenikmatan tersendiri. Dan bisa dijadikan untuk indikator apakah duren tersebut mempunyai kualitas yang baik atau tidak.

Memeriksa buah duren dari aromanya tentunya dengan menciumnya, dimana jika aroma tersebut harum maka kemungkinan akan berasa manis. Jadi tidak perlu membuka duren, cukup mencium dari luar saja aromanya sudah pasti terasa.

Perhatikan kulit pada buah duren, kulitnya ini juga bisa digunakan untuk menentukan apakah duren tersebut bagus atau tidak. Pertama dengan cara mengetuk kulitnya, ketuk menggunakan pisau atau alat bantu lainnya, karena sulit jika menggunakan tangan.

Jika bunyi yang dihasilkan seperti “bluk” berarti pertanda durian sudah matang, jadi suara yang dihasilkan seperti sesuatu berat yang tenggelam. Jika saat diperiksa ciri-ciri durian berkualitas dengan diketuk menghasilkan suara berongga kemungkinan buah sudah tidak segar.

Pemeriksaan dari kulit lainnya adalah Anda bisa perhatikan apakah duren tersebut sudah terbuka kulitnya atau belum. Baik itu hanya sedikit atau besar terbukanya, hal ini penting untuk diperhatikan dalam memilih duren.

Karena dengan terbukanya bagian kulit tersebut nantinya duren akan berasa hambar, karena sudah terpapar oleh udara luar. Jadi lebih baik jangan memilih duren dengan kulit sudah terbuka sebelum Anda membelinya.

Ciri-Ciri Durian Berkualitas Serta Jenisnya

Jika di atas sudah dijelaskan tentang ciri-ciri durian yang berkualitasagar tidak merasa tertipu saat membelinya. Maka kali ini akan diberikan beberapa jenis durian yang biasanya menjadi pilihan duren berkualitas terutama di Indonesia.

  1. Durian Musang King, King of Fruit asli dari Malaysia ini tentu saja memilik popularitas sangat pesat. Bukan tanpa alasan, kualitas yang dimilikinya juga termasuk unggul, mulai dari perpaduan rasa legit dan sedikit pahit, aroma kuat, hingga daging buah tebal.
  2. Durian Monthong, duren asli Thailand ini sering disalah artikan berasal dari Indonesia. Popularitas duren ini di Indonesia sendiri sudah sangat dikenal disemua kalangan. Rasa manis dan daging buah tebal menjadi daya tarik tersendiri.
  3. Durian Petruk, variasi duren asli Indonesia khususnya daerah Jepara ini memiliki beberapa keunggulan. Mulai dari rasa daging buah legit, manis dan sedikit pahit siap memuaskan keinginan memakan duren Anda.
  4. Durian Bawor, jenis buah ini juga berasal dari Indonesia tepatnya dari Banyumas. Dikatakan jika jenis ini seperti monthong tetapi terdapat beberapa kekurangan yaitu ketahanan terhadap hama, jadi dibutuhkan perawatan lebih khusus.

Masih banyak lagi varian durian yang terdapat di dunia dan tentunya pantas untuk dicoba. Jika saja Anda sedang ingin membeli durian pastikan untuk memperhatikan ciri-ciri durian berkualitas agar tidak merasa rugi saat membelinya.