Khasiat Buah Durian, Jangan Sampai Makan Berlebihan

Terdapat beberapa khasiat buah durian dimana tidak hanya nikmat dan lezat saja untuk dikonsumsi, melainkan terdapat manfaat yang dapat dirasakan. Buah berduri asal Asia Tenggara tersebut bisa dibilang unik, baik dari bagian rasa, aroma hingga tekstur buah.

Pada kulit buah yang tebal serta berduri ini mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi. Jadi tidak heran jika ternyata durian tersebut memiliki beberapa khasiat yang bisa didapatkan saat mulai mengkonsumsinya baik langsung atau diolah terlebih dahulu.

Memang benar, Anda bisa menikmati kelezatan daging durian dengan diolah terlebih dahulu. Banyak sekali variasi yang bisa Anda kreasikan sendiri di rumah, mulai dari olahan durian yang menyegarkan hingga untuk mengenyangkan perut.

Walaupun dengan dimakan langsung saja durian sudah terasa sangat nikmat, apalagi untuk Anda penggemar King of Fruit ini. Memang benar dengan terkandungnya banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi jangan mengkonsumsi dengan berlebihan.

Apapun yang berlebihan akan tidak baik nantinya, jadi nikmati secukupnya saja walaupun memang tubuh Anda masih kuat memakannya. Sebelum membahas tentang khasiat buah durian, alangkah baiknya ketahui dahulu beberapa nutrisi yang terdapat didalamnya.

Nutrisi yang Ada pada Buah Durian

Seperti sudah disampaikan di atas bahwa di dalam buah duren mengandung banyak nutrisi yang tentunya dibutuhkan terhadap tubuh. Berikut terdapat data kandungan nutrisi didapatkan dari penelitian oleh USDA pada tiap 100 gr buah duren.

  1. Protein sebesar 1,47 gr, dengan presentase kebutuhan harian tubuh (RDA) 2,5%
  2. Karbohidrat sebesar 27,09 gr, dengan RDA 21 %
  3. Lemak Total sebesar 5,33 gr, dengan RDA 20%
  4. Serat sebesar 3,8 gr, dengan RDA 10%
  5. Vitamin C sebesar 19,7 gr, dengan RDA 33%
  6. Folat sebesar 36 mcg, dengan RDA 9%
  7. Kalium sebesar 436 mg, dengan RDA 9,5%
  8. Kalsium sebesar 6 mg, dengan RDA 0,6%
  9. Magnesium sebesar 30 mg, dengan RDA 7.5%
  10. Tiamin 0,374 mg, dengan RDA 31%

Selain itu masih terdapat banyak nutrisi lain yang terkandung dalam buah duren seperti vitamin A, kalori, riboflavin, piriodoksin dan masih banyak lagi. Dan tentu saja nutrisi-nutrisi tersebut membuat khasiat dari buah durianterhadap tubuh manusia terdapat bermacam-macam.

Khasiat Buah Durian untuk Antioksidan

Sudah diketahui beberapa kandungan nutrisi yang tersedia dalam buah duren, dimana sangat bervariasi dan tentunya berguna untuk tubuh manusia. Dengan ini mengkonsumsinya secara tepat dan tidak berlebihan akan memberikan efek kesehatan kepada tubuh manusia.

Khasiat buah durian salah satunya menambah kadar antioksidan kepada tubuh, dimana nutrisi ini dibutuhkan untuk mencegah paparan radikal bebas serta memberikan perlawanan kepada agen infeksi. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin C tersedia pada tiap gigitan buah duren.

Selain kandungan tersebut, nutrisi lain yang mendukung pemasukan antioksidan kepada tubuh adalah nutrisi beta karoten. Nutrisi-nutrisi tersebut sangatlah berguna untuk pertahanan imun tubuh dan menjaga tetap fit dari paparan radikal bebas disekitar Anda.

Jadi pastikan untuk membatasi dalam mengkonsumsi daging durian, walaupun banyak sekali nutrisi bisa didapatkan. Tetap saja jika dikonsumsi secara berlebihan bukannya memberikan khasiat buah durian baik untuk tubuh malah bisa memberikan efek buruk.

Serta pilihlah buah yang matang dengan sempurna, jangan sampai memilih yang terlalu matang. Karena jika durian terlalu matang, kemungkinan di dalam buahnya akan terjadi fermentasi, dimana in menyebabkan munculnya kandungan alkohol.

Sudah jelas, alkohol adalah senyawa yang tidak bagus untuk kesehatan tubuh Anda, lebih baik hindari hal tersebut. Pastikan jika sudah matang buah durennya, langsung saja dikonsumsi secepat mungkin, atau tidak simpan daging buah ke dalam freezer.

Saat menyimpannya juga harus benar walaupun sudah di dalam freezer sekalipun. Pertama-tama pisahkan terlebih dahulu daging dengan bijinya, setelah itu masukkan ke dalam wadah tertutup lalu baik toples atau plastik, masukkan ke pendingin.

Dapat Membantu Memperbaiki Kualitas Tidur

Adanya kandungan asam amino esensial di dalam daging buah tersebut, terutama triptofan. Dimana jenis asam amino ini bisa berperan menjadi obat tidur alami, yang tentu saja akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Nutrisi tirptofan tersebut nantinya akan diproses oleh tubuh dan menghasilkan melatonin serta serotonin. Dua zat tersebut berperan penting dalam membentuk inisiasi tidur dan menenangkan saraf agar berubah dalam keadaan lebih rileks.

Tentu saja ini akan membantu Anda apalagi untuk yang sedang kesulitan tidur, mengkonsumsi durian secara cukup akan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Selain itu kandungan triptofan tersebut dipercaya bisa memperbaiki suasana hati.

Khasiat buah durian satu ini selain dapat membantu memperbaiki kualitas tidur, juga dapat berperan sebagai pengatur perasaan bahagia. Jadi mengkonsumsi durian ini berpotensi akan memberikan perasaan bahagia ke dalam diri Anda.

Sumber Energi dan Baik untuk Tulang

Buah yang berisi dengan daging lembut dan legit serta mudah untuk dicerna ini tentu saja dapat dijadikan sebagai sumber energi tambahan untuk tubuh. Karena di dalamnya mengandung gula seperti fruktosa dan sukrosa, dimana jika dimakan akan menambah energi tubuh.

Selain itu kandungan gula alami tersebut juga bisa memberikan efek menyegarkan tubuh. Pada setiap 100 gr buah duren segar bisa mengandung sebanyak 147 kalori, dimana bisa dijadikan pilihan untuk sumber energi tambahan.

Dengan kandungan tersebut tentu saja durian bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif jika saja Anda sedang membutuhkannya. Saat memakan durian juga akan memberikan khasiat buah durian yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Walaupun kandungan kalsium yang tidak terlalu tinggi, namun dapat berpotensi dalam membantu meningkatkan kualitas kesehatan tulang. Dengan kandungan kalium yang cukup tinggi dimana kalium berperan sebagai elektrolit penting dalam tubuh.

Kalium ini berperan dalam memperbaiki kendali detak jantung dan aliran darah ke seluruh tubuh. Jadi selain memperbaiki kualitas tulang, aliran baik darah ataupun cairan dalam tubuh akan dapat meningkat dengan memakan duren ini.

Hindari Hal ini Saat Makan Durian

Walaupun di atas terdapat banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh dan dapat memberikan efek positif untuk kesehatan Anda. Konsumsi buah ini secara berlebihan akan berbahaya untuk kesehatan, dan berisiko menimbulkan gangguan dalam tubuh.

Jadi bukannya mendapatkan khasiat buah durian tetapi mendapatkan efek yang buruk untuk tubuh. Gangguan tersebut seperti perut mual ingin muntah, alergi, perut tidak nyaman, diare dan jika memakan biji duren kemungkinan akan menimbulkan sesak pada pernafasan.

Selain itu juga terdapat pantangan sebelum memakan duren, baik secara langsung atau diolah dahulu. Salah satunya adalah jangan sesekali memakan buah ini bersamaan dengan konsumsi alkohol, karena bisa memberikan efek yang tidak baik untuk tubuh.

Mulai dari mual perut, detak jantung meningkat, muntah, jadi lebih baik untuk menghindari konsumsi alkohol bersamaan dengan duren. Lebih baik diberi jeda beberapa jam atau mungkin amannya baru dalam beberapa hari.

Jadi banyak sekali kandungan nutrisi di dalam King pf Fruit asli Asia Tenggara tersebut. Tetapi jika dikonsumsi dengan tidak benar dan berlebihan bukannya mendapatkan khasiat buah durian tetapi memberikan gangguan kesehatan dalam tubuh.