Alasan Musang King Unggul dari Durian Lainnya

Terdapat beberapa alasan musang king unggul dari duren lainnya. Kepopuleran musang king sendiri bisa dikatakan melebihi dari duren monthong yang asli dari negeri gajah putih dimana sebelumnya sudah diterkenal lebih dulu.

Tingkat popularitas dari musang king tersebut bukan tanpa alasan, cukup banyak faktor yang mempengaruhi duren jenis ini. Sudah pasti dari segi rasanya, aroma hingga dagingnya yang tebal merupakan alasan utama mengapa musang king meningkat popularitasnya.

Dengan terkenalnya nama tersebut dikalangan penggemar durian membuat banyak dicari stok dari buah tersebut. Tentunya harga yang diberikan bisa dikatakan lebih mahal dibandingkan dengan jenis lain, tetapi sepadan dengan kualitas pada duren didapatkan.

Dulu duren musang king tersebut baru tersedia di daerah asalnya, yaitu Malaysia. Sekarang duren ini sudah bisa ditemukan di Indonesia, jadi jika ingin merasakan sensasi daging buahnya yang dikenal akan kelembutannya dan tebal tersebut menjadi lebih mudah sekarang ini.

Nama musang king tersebut membuktikan bahwa durian tersebut pantas menduduki tahta raja dari durian. Sebelum tahu beberapa alasan musang king unggul daripada variasi duren lainnya, berikut sejarah dan asal mula musang king.

Asal Mula Durian Musang King

Awal variasi durian ini diperkenalkan kepada publik adalah pada tahun 1990, dimana awal namanya adalah mao shan wang atau bisa diterjemahkan sebagai raja kucing. Ditemukannya jenis buah duren ini tentu saja membuat heboh, termasuk di daerah asalnya.

Yaitu Tanah Merah, sekitar Kelantan Malaysia, tepatnya didekat Gua Musang. Setelah itu di tahun 1993 terdapat seseorang dimana ia mendaftarkan durian tersebut dengan julukan Raja Kunyit untuk dijadikan jenis unggulan di negera Malaysia.

Walaupun nama yang populer merupakan musang king, dikarenakan letak pohon indukannya berada sekitaran Gua Musang. Setelah itu banyak sekali jumlah petani duren di Malaysia mulai menanam bibit variasi ini dalam jumlah besar.

Selanjutnya pada sekitar tahun 2000an pohon tersebut sudah mulai berbuah, dan sudah bisa dipanen. Dengan itu kepopuleran musang king menjadi bertambah sehingga pihak Malaysia mencatat jika munculnya varietas terbaru dan tentunya berkualitas.

Banyak sekali yang bisa menjadi alasan musang king unggul dibandingkan dengan duren lainnya. Oleh karena itu banyak daerah yang mencoba membudidayakan pohon dan bibit duren raja kunyit dengan tujuan mengincar keuntungan tersebut.

Dalam masalah harga sendiri, seperti sudah dijelaskan di atas harga dari jensi musang king ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya. Harga tersebut tentunya dikarenakan kualitas serta tingkat kesulitan dalam distribusi buah tersebut.

Ketebalan serta Kelembutan Daging Buah

Terdapat alasan pertama yang membuat popularitas dari raja kunyit menjadi meningkat dan masih tetap menduduki jenis durian terbaik saat ini. Yaitu memiliki daging buah tebal, serta lembut tidak berserat sama sekali.

Daging buah tebal tersebut dikarenakan biji dari musang king sendiri berukuran sangat kecil dan hampir kempis. Jadi bisa dipastikan Anda merasa puas jika mulai membeli variasi duren asli dari negeri jiran ini.

Harga yang ditawarkan bisa mencapai 400 ribuan per kilonya dan itu bisa berubah bergantung pada musim panen dan distribusinya. Tetapi untuk di Indonesia sekarang ini sudah bisa ditemukan jenis raja kunyit lebih mudah dibandingkan sebelumnya.

Sudah banyak petani duren mulai melirik untuk membudidayakannya karena omset dan keuntungan yang tentunya besar. Kemungkinan hal tersebut juga membuat alasan musang king unggul dibandingkan dengan duren lainnya yang terdapat disekitar daerah Asia Tenggara.

Siapa yang tidak menyukai kelembutan dan kelegitan dari sebuah durian apalagi jika dagingnya tebal, memang sangat menarik. Untuk Anda yang mengaku penggemar durian sangatlah disarankan untuk mencoba buah durian musang king ini.

Coba datanglah ke acara festival durian terdekat dengan Anda, manfaatkan kesempatan tersebut untuk mencari potongan harga atau promo. Bisa juga jika memungkinkan langsung mencari petani duriannya dan membeli pada saat setelah dipanen.

Hal itu akan membuat harga menjadi lebih murah dibandingkan dengan membeli produk yang sudah dikemas atau dipajang pada toko-toko biasanya. Tips ini bisa dimanfaatkan untuk mencari duren musang king dengan harga lebih miring.

Alasan Musang King Unggul Lainnya

Alasan durian musang king ungguldari durian jenis lain adalah daging buah memiliki kadar air yang lebih sedikit. Jadi buah akan terasa lebih kering dan tentunya mengandung kadar karbohidrat yang lebih tinggi.

Karbohidrat ini bisa dimanfaatkan untuk mengisi ulang energi di dalam tubuh kita. Selain itu raja kunyit ini dipercaya memiliki beberapa kandungan nutrisi lainnya yang tentu saja baik untuk tubuh manusia.

Beberapa vitamin bisa ditemukan saat Anda mengkonsumsi buah ini seperti vitamin A, B1, B2, C, dan E. Serta beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, seperti kalium, kalsium, hingga fosfor.

Alasan musang king unggul merupakan sesuatu paling dikenal dari musang king lainnya adalah ukuran buah dimana cukup besar dan bisa dikatakan lebih besar dari monthong, durian asli Thailand. Kisaran ukurannya bisa mencapai setengah meter dan bisa lebih.

Jadi jika Anda membeli raja kunyit ini pasti akan puas, selain karena dagingnya tebal juga karena ukuran buahnya yang besar-besar. Tentu saja jika sudah merasakannya tidak akan kecewa dengan kualitas dari buah dimana sangat menjanjikan ini.

Untuk memilihnya Anda bisa mengenali dari ukuran buahnya sendiri, dan masih banyak ciri-ciri yang bisa digunakan untuk membedakan. Dari segi harga sendiri tentu jauh dan Anda bisa menemukan ciri-ciri lainnya yang sudah banyak disebar.

Selain itu terdapat juga alasan musang king unggul baik mulai dari bibit hingga saat berbuah. Banyak orang tertarik untuk membudidayakannya karena beberapa alasan, berikut beberapa alasan yang mungkin bisa menggaris besari.

Mengapa Harus Menanam Musang King?

Terdapat beberapa alasan yang kuat untuk Anda harus menanam bibit duren raja kunyit ini. Berikut mungkin bisa menjadikan Anda yakin bahwa tidak ada ruginya untuk mulai menanam bibi raja durian ini.

  1. Harga pasaran tinggi, alasan yang pertama ini adalah duren raja kunyit memiliki harga pasaran cenderung tinggi dan tentunya menguntungkan. Permintaan pasar pun juga bisa dibilang tinggi karena masih banyak penggemar duren mencarinya.
  2. Bibit mudah dimodifikasi, sifat bawaan dari duren ini yang mudah berbuah menjadikannya mudah juga untuk dilakukan rekayasa genetika pada bibit tersebut. Tentu harus dilakukan dengan teknik khusus.
  3. Cocok tumbuh di iklim Indonesia, alasan musang king unggul selanjutnya adalah iklim negara asalnya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, membuatnya mudah tumbuh dengan iklim di negara Indonesia.
  4. Termasuk durian sedang populer, siapa yang tidak pernah mendengar nama musang king? Dipastikan itu bukanlah penggemar durian, karena nama musang king sendiri masih bisa dikatakan populer dikalangan penggemar duren.

Banyak sekali alasan membuat jenis musang king menjadi lebih unggul dibandingkan dengan duren lainnya. Dan tentu saja alasan musang king unggul adalah karena kualitasnya, mulai dari rasa, daging buah, nutrisi, ukuran dan masih banyak lagi.