Olahan Buah Durian, Cara Lain Menikmati Durian

Banyak sekali jenis olahan buah durian yang tentu bisa dijadikan pilihan jika Anda menginginkan sensasi baru menikmati buah ini. Ciri khas rasa daging buah yang legit dan manis, serta tekstur creamy membuat buah ini cocok dijadikan olahan lain.

Memang sudah banyak juga daerah-daerah di Indonesia yang mengembangkan olahan durian ini dan jelas memiliki ciri khas masing-masing. Anda tidak perlu khawatir banyak sekali varian dan cara mengolah daging buah yang creamy ini secara mudah.

Tidak perlu bingung jika harus mempersiapkan alat atau bahan tambahan yang sulit didapatkan, karena Anda bisa memanfaatkan bahan disekitar. Mungkin untuk Anda penggemar buah durian, berpikir jika buah satu ini sangatlah mewah dan nikmat.

Tetapi banyak juga orang yang tidak menyukai durian, baik dari segi aroma, rasa dan lainnya. Untuk penggemar King of Fruit mungkin akan heran, mengapa buah senikmat ini bisa ada yang membencinya sehingga tidak mau memakannya.

Padahal bagi penikmat durian, aroma serta rasa legit yang dimiliki oleh buah inilah yang membuat kenikmatannya terasa berbeda. Terdapat cara lain untuk menikmati daging buah legit dan creamy ini dan bisa Anda coba jika menginginkan sensasi baru.

Smoothies Durian, Lezat dan Menyegarkan

Olahan buah durian yang pertama adalah smoothies dari daging durian. Ini bisa menjadi alternatif untuk menikmati daging buahnya dengan cara meminumnya, berikut alat dan bahan yang harus persiapkan terlebih dahulu.

Alat dan Bahan

  1. Blender
  2. Daging Durian secukupnya
  3. Susu cair atau bisa diganti sari kedelai
  4. Buah pisang atau alpukat secukupnya (opsional, untuk campuran smoothies)
  5. Gula secukupnya
  6. Gelas saji
  7. Es batu secukupnya (opsional)

Langkah Membuatnya

  1. Pisahkan daging durian dari bijinya dahulu, jumlahnya sesuaikan selera saja.
  2. Jika ingin menggunakan buah tambahan, pisang bisa menjadi pilihan, potong sedemikian rupa agar lebih mudah diblender.
  3. Siapkan blender, masukkan daging buah durian, buah tambahan, es batu(menambahkan sensasi segar) serta gula secukupnya. Sesuaikan dengan tingkat kemanisan Anda, untuk rasa lebih nikmat dan terasa duriannya lebih baik jangan terlalu banyak pemanis.
  4. Jika sudah blender sampai halus, dan tuangkan ke dalam gelas saji, smoothies durian sudah bisa dinikmati.

Olahan buah durian satu ini bisa menjadi pilihan jika ingin merasakan rasa buahnya serta sensasi yang menyegarkan dari King of Fruit ini. Anda juga bisa mencobanya, mudah dan cepat serta bisa mengganti bahan-bahan tersebut dengan yang tersedia disekitar Anda.

Oleskan Selai Durian pada Roti

Cara lain untuk menikmati kenikmatan daging durian adalah dengan membuatnya seperti selai serta dioleskan pada roti. Tentu saja Anda sudah bisa membayangkan bagaimana sensasi nikmat masuk ke dalam mulut Anda.

Seperti pada alpukat yang cocok untuk dijadikan selai pendamping roti, King of Fruit ini juga sangat cocok apalagi dengan tekstur lembut tersebut. Cara membuat selai ini juga mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Perisapkan daging buahnya sesuai selera, susu segar atau susu cair lainnya disesuaikan dengan banyaknya daging buah. Gunakan wajan atau panci untuk wadah, dan mulai panaskan menggunakan api kecil saja pada kompor.

Mulai tuangkan kedua bahan tersebut ke dalam wadah, aduk-aduk hingga didapatkan tekstur seperti selai atau puree. Jika sudah diamkan sejenak agar lebih dingin terlebih dahulu, setelah itu sudah bisa dioleskan pada roti Anda.

Tentu jumlahnya sesuaikan saja dengan ukuran roti, roti selai durian sudah bisa dinikmati secara langsung. Anda juga bisa me-variasikan olahan buah durian ini dengan memanggang atau membakar roti terlebih dahulu.

Tentu saja olesi dengan mentega atau butter terlebih dahulu agar tidak gosong dan memiliki rasa lebih gurih. Setelah itu langsung saja olesi roti tersebut seperti sebelumnya dan sudah bisa dinikmati roti bakar selai duriannya.

Jika Anda ingin menyimpan selai yang masih tersisa dan akan digunakan untuk besoknya, simpan ke dalam freezer atau pendingin. Pastikan wadah tertutup, gunakan plastik wrap atau wadah zip agar tidak terkena langsung dengan udara luar.

Tapi sebaiknya jika membuat selai ini disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak menyisakan, karena kemungkinan rasanya akan berubah. Jadi lebih baik langsung saja habiskan pada saat itu juga untuk kenikmatan yang maksimal.

Olahan Buah Durian dengan Kopi

Jika Anda seorang yang menyukai kopi, olahan buah durian satu ini sangat cocok untuk Anda. Paduan kopi dan durian yang tentu saja memiliki rasa unik dan khas, tentu memberikan kombinasi cita rasa yang wajib dicoba.

Olahan tersebut sangat populer di negara tetangga yaitu Singapura serta Malaysia. Cara membuatnya juga mudah, cepat dan tentu saja bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan bahan utama kopi serta daging buah durian.

Biasanya agar kenikmatan bisa dirasakan dengan maksimal, gunakan bubuk kopi hitam. Atau mungkin bisa menggantinya dengan jenis kopi lain untuk bahan utamanya, seandainya Anda tidak terlalu menyukai kopi hitam atau memang ingin mencoba rasa baru.

Untuk kreasinya sendiri terdapat dua cara berbeda bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan keinginan. Cara pertama adalah dengan memasukkan daging buah durian langsung ke dalam minuman kopi yang telah diseduh atau diminum dalam keadaan dingin.

Cara kedua mungkin lebih membutuhkan usaha sedikit karena Anda akan menghaluskan biji kopi bersama dengan daging buahnya. Jika sudah maka langsung saja seduh atau nikmati dalam keadaan dingin sesuai selera Anda.

Dalam olahan ini Anda tidak memerlukan tambahan susu, karena rasa dan tekstur creamy dari durian bisa menggantikannya. Kedua olahan kopi tersebut jika ingin menikmati secara penuh jangan gunakan pemanis atau gula banyak.

Olahan Buah Durian yang Dipanggang

Variasi olahan buah durian yang tentu saja menambah kenikmatan legitnya King of Fruit ini adalah dengan cara dipanggang. Mungkin Anda pernah mendengar olahan nikmat satu ini, cara membuatnya tentu saja mudah.

Pertama siapkan buah durian yang masih utuh beserta kulitnya, pastikan sudah dalam keadaan matang untuk mendapatkan cita rasa maksimal. Persiapkan tempat untuk memanggang, panaskan dahulu arang yang akan digunakan untuk memanggang.

Arang digunakan agar panas yang didapatkan merata dan tentunya akan menambah cita rasa khas dari pembakaran arang. Setelah itu mulai bakar atau panggang buah tersebut berserta kulitnya, hanya memerlukan waktu sebentar.

Usahakan kulitnya terbakar secara merata agar semua daging buah di dalam juga bisa terpanggang merata. Tekstur dagingnya akan terasa lebih renyah pada bagian luar dan tentunya masih lembut pada bagian dalam.

Panas yang didapatkan dari panggangan juga memperkuat cita rasa yang dimiliki oleh buat tersebut. Serta tekstur asli buah yang sudah creamy membuat kelezatan dari olahan King of Fruit tersebut bertambah.

Beberapa cara dan tips di atas tentu saja khusus untuk Anda yang bosan dengan memakan langsung duriannya. Jadi bisa mencoba sendiri di rumah dengan bahan yang tersedia serta kenikmatan dari olahan buah durian bisa dinikmati secara langsung.