Cara Menyimpan Durian Agar Tidak Merusak Rasa

Terdapat cara menyimpan durian yang benar, karena Raja Buah satu ini memerlukan perawatan dan cara simpan yang khusus. Jadi tidak bisa sembarangan menyimpannya agar cita rasa dimiliki tidak menjadi rusak dikarenakan penyimpanan yang salah.

Durian sendiri adalah buah yang memiliki aroma sangat khas dan bisa katakan menyengat, apalagi untuk orang yang tidak menyukainya. Dibalik aroma tersebut durian menyimpan kelezatan daging buah yang legit dan lembut.

Oleh karena itu buah satu ini mendapatkan predikat Raja Buah, rasa yang tidak bisa dibandingkan dengan rasa buah lainnya. Buah ini sangatlah mudah ditemukan didaerah Asia Tenggara pada saat musim panen durian tentunya.

Di Indonesia sendiri juga memiliki beberapa durian khas yang sudah mulai dibudidayakan pada tiap daerah. Oleh karena itu penggemar buah ini berjumlah tidak sedikit di Indonesia, baik produk lokal ataupun internasional memiliki penggemarnya masing-masing.

Tetapi masih banyak orang yang sering menyimpan buah satu ini dengan cara yang salah dimana nantinya bisa merubah cita rasa aslinya. Jadi terdapat beberapa cara dan syarat agar durian yang disimpan tidak merusak rasa legitnya.

Cara Menyimpan Durian pada Suhu Ruangan

Cara dalam menyimpan durian yang pertama adalah disimpan pada suhu ruangan tanpa menggunakan media freezer atau pendingin. Cara pertama ini untuk Anda yang tidak memiliki freezer khusus atau pendingin di lemari es untuk tempat menyimpan.

Jadi mau tidak mau cara menyimpan durian harus disimpan pada suhu ruangan seperti biasanya. Terdapat cara atau trik khusus untuk menyimpan dengan metode ini, yaitu usahakan jangan membiarkan durian selama dua hari atau lebih jika buah sudah dalam keadaan matang.

Karena saat Anda membelinya dalam matang maka jika disimpan khususnya di suhu ruang dalam dua hari atau lebih kemungkinan rasanya akan berubah. Buah menjadi matang berlebihan dan merusak rasa asli nantinya.

Menyebabkan tidak terasa nikmat lagi seperti jika Anda langsung memakannya setelah membeli. Jadi perhatikan hal ini agar nanti tidak mengurangi kenikmatan buah serta tidak merasa rugi membeli, karena pada umumnya harganya relatif mahal.

Berbeda jika Anda membeli buah ini dalam keadaan belum matang sekali atau masih agak muda, maka penyimpanan seperti ini bisa dilakukan lebih lama. Dan juga suhu dalam ruangan tersebut akan membantu buah menjadi lebih matang nantinya.

Tidak perlu khawatir cukup perkirakan saja kapan durian akan menjadi matang. Dengan mengetahui cara menyimpan durian dengan benar akan membuat rasanya tidak akan berubah drastis sehingga masih memiliki rasa yang khas.

Pisahkan Daging Buah dengan Bijinya

Trik kedua untuk penyimpannya adalah memisahkan dagingnya dari biji sebelum mulai menyimpannya. Jadi lebih baik jika ingin menyimpan durian dan tidak ingin kehilangan rasa khasnya, pisahkan daging buah dari biji.

Cara ini mungkin lebih membutuhkan usaha sedikit untuk memisahkannya, tetapi demi menjaga kenikmatan buahnya alangkah lebih baik dilakukan. Keluarkan isi buah dari kulitnya terlebih dahulu dan mulai pisahkan dagingnya satu persatu.

Lebih baik memisahkannya dengan hati-hati, agar bentuknya tidak terlalu hancur saat dimakan nantinya. Setelah itu Anda bisa mulai memasukkan daging tersebut ke dalam wadah toples kedap udara atau plastik yang ditutup erat.

Pastikan menutupnya dengan kuat agar saat dimakan rasanya tidak menjadi hambar. Penutupan ini juga bertujuan agar aroma buah tidak menyebar di dalam lemari pendingin, Anda pasti sudah paham betapa kuatnya aroma King of Fruit ini.

Cara menyimpan durian kali ini untuk Anda yang memiliki freezer, tanpanya tidak akan bisa dilakukan dan malah merusak kenikmatannya nanti. Siapkan ruangan untuk penyimpanan terlebih dahulu dan tutup rapat wadah penyimpannya.

Jika saat Anda ingin memakannya tinggal buka wadah dan rasanya dipastikan tetap terjaga. Setelah itu tutup kembali dengan erat penutup wadah atau plastik yang digunakan untuk tempat menyimpan King of Fruit tersebut.

Trik ini tidaklah sulit untuk dilakukan, hanya saja memerlukan ketelitian agar rasanya tetap terjaga saat mulai dimakan. Tujuannya agar Anda bisa menikmati dengan tetap menjaga kekhasan yang dimiliki oleh durian.

Cara Menyimpan Durian Saat Berpergian

Ada kalanya saat Anda ingin membawa durian untuk bekal berpergian ataupun untuk oleh-oleh perjalanan jauh. Trik kali ini akan membantu dalam menyimpannya dengan benar dimana saat sampai tujuan akan tetap terjaga kualitasnya.

Mungkin untuk tempat penyimpanan yang harus disiapkan bisa menggunakan cooler box, tempat menyimpan minuman agar tetap dingin. Atau bisa dengan kotak styrofoam dengan tingkat ketebalan cocok untuk dimasukkan durian didalamnya.

Isi cooler box atau kotak styrofoam tersebut dengan es batu dimana ini penting untuk menjaga buah tetap segar dan kualitasnya tidak berubah. Setelah itu siapkan lakban atau plastik wrap untuk melapisi tempat penyimpanan tersebut.

Hal ini dilakukan dalam cara menyimpan durian agar tidak celah udara masuk kedalam cooler box, dimana bisa mengurangi kualitas rasanya. Serta tujuan dilapisi tersebut agar aroma yang dimiliki durian tidak menyebar didalam kendaraan yang digunakan.

Dengan lapisan tambahan tersebut juga akan menghindari suhu panas didalam kendaraan tidak mempengaruhi kesegaran dari buah yang disimpan. Menjadikan tidak merubah rasanya dan tetap segar saat sampai di tujuan nantinya.

Jadi jangan khawatir kualitas rasanya berubah saat akan disimpan didalam kendaraan jika sedang dalam perjalanan jauh. Lakukan cara untuk menyimpan duriandengan tepat membuat kekhasan yang dimiliki tidak akan mudah rusak dan berubah kenikmatannya.

Harus Dihindari Saat Menyimpan Durian

Selain terdapat cara menyimpan durian dengan benar, ada juga beberapa hal yang Anda hindari saat ingin melakukan penyimpanan buah tersebut. Berikut hal-hal yang harus dihindari saat ingin menjaga kualitas dari rasanya.

  1. Jangan sekali-kali menyimpan buah yang sudah terbuka kulitnya lebih dari 1 jam. Hal ini tentunya penting untuk dihindari, jika saja durian sudah terkena udara terbuka. Jika dibiarkan maka durian akan terasa asam dan hambar.
  2. Menyimpan durian dalam keadaan wadah terbuka, hal ini sama saja membiarkan durian terkena udara langsung. Karena dapat menyebabkan daging buah menjadi lebih cepat membusuk.
  3. Membiarkan daging buah tetap dengan bijinya saat disimpan. Lebih baik untuk tetap menjaga kenikmatan dari buah, coba pisahkan dari bijinya terlebih dahulu.
  4. Suhu pada freezer kurang dingin, saat Anda menyimpan di dalam freezer lebih baik perhatikan suhu pada pendingin tersebut. Usahakan suhu berada disekitar -15 derajat, jangan biarkan terlalu hangat.
  5. Membiarkan durian lebih dari dua hari tanpa disimpan di dalam pendingin. Hal ini jangan sampai terjadi jika buah yang dibeli dalam keadaan sudah matang.

Beberapa hal tersebut lebih baik jangan dilakukan jika Anda ingin menjaga kualitas rasanya. Selain rasa sebenarnya juga untuk tetap menjaga aroma serta tekstur creamy dari buah durian, dimana itu sangat mempengaruhi kualitasnya.

Agar tidak kecewa dengan kualitas yang menurun akibat salah cara penyimpanannya. Karena tidak bisa sembarangan untuk cara menyimpan durian yang merupakan King of Fruit ini, perlu perlakuan khusus layaknya seorang raja itu sendiri.