Bukan Mitos, Manfaat Durian Cegah Kanker dan Sakit Jantung

Banyak manfaat durian bagi kesehatan tubuh. Terutama dalam mengurangi risiko kanker dan mencegah penyakit jantung.

Sebelum lebih jauh membahas manfaat dari buah durian, terlebih dulu kita ulik sekilas tentang durian. Buah berkulit keras ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, tidak terkecuali di Indonesia.

Durian adalah buah tropis yang unik dan populer di dunia. Buah yang memiliki kulit berduri ini bahkan mendapat julukan sebagai raja buah – buahan.

Durian memiliki rasa yang berbeda dari buah lainnya. Teksturnya lembut dan wanginya sangat menyengat.

Banyak orang yang tergila – gila dengan durian. Meski tidak sedikit juga yang alergi atau tidak suka dengan baunya yang menyengat dan rasanya yang terbilang cukup esktrim di lidah.

Manfaat Durian untuk Menjaga Kesehatan

Durian mengandung nutrisi yang sangat tinggi. Bahkan kandungan nutrisinya lebih dari kebanyakan buah-buahan lainnya.

Selain manfaat dari kandungan gizi tinggi, seluruh bagian tanaman durian juga memiliki kegunaan. Mulai dari daun, akar, dan buahnya telah digunakan dalam pengobatan tradisional Malaysia untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk demam tinggi, penyakit kuning, dan penyakit kulit.

Berdasarkan studi dan uji klinis di laboratorium, buah durian memiliki manfaat untuk mengurangi risiko kanker, mencegah penyakit jantung, melawan infeksi, dan menurunkan kadar gula.

Kandungan aktioksidan pada durian dapat menetralkan radikal bebas pemicu kanker. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tabung reaksi, ekstrak durian mampu mencegah penyebaran strain sel kanker payudara.

Terkait mencegah penyakit jantung, buah durian memiliki senyawa yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis, atau pengerasan arteri.

Manfaat durian juga mampu melawan infeksi. Kulit buahnya mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri.

Selanjutnya, durian mampu menurunkan gula darah. Durian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya, yang berarti durian dapat menurunkan kadar gula darah.

Kandungan Gizi yang Ada Pada Durian

Sebagaimana disinggung soal manfaat durian di atas, buah berkulit keras ini memiliki nutrisi yang sangat tinggi, bahkan kandungan nutrisinya lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Berikut ini nilai kandungan gizi yang terdapat pada durian.

Kalori

Kalori ini sangat bermanfaat sebagai sumber energi. Kalori yang diperoleh dari makanan dan minuman akan diubah menjadi energi melalui proses metabolisme.

Tubuh membutuhkan kalori setiap hari. Kebutuhan kalori tiap orang berbeda – beda, tergantung dengan jenis kelamin, usia, tinggi badan dan berat badan.

Seorang laki – laki dewasa membutuhkan 2.000 sampai 2.500 kalori tiap harinya. Sedangkan untuk wanita dewasa membutuhkan kisaran 1.600 sampai 2.000 kalori per hari.

  1. Lemak

Hampir sama dengan kalori, lemak juga memiliki fungsi utama sebagai penghasil energi. Lemak berperan penting untuk menyimpan energi.

Lemak juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh. Selain itu, lemak juga berguna untuk melindungi organ tubuh.

  • Karbohidrat

Manfaat durian juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Artinya, buah satu ini juga bisa menjadi pertolongan pertama saat perut keroncongan dan memenuhi kebutuhan energi.

Kebutuhan karbohidrat orang dewasa umumnya sekitar 200 sampai 300 gram setiap hari. Namun jika Anda ingin menjaga berat badan lebih baik mengonsumsi karbohidrat sebanyak 100 sampai 150 gram saja tiap harinya.

  • Serat

Kandungan selanjutnya yang dimiliki oleh manfaat durian adalah serat. Serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Kebutuhan serat harian antara laki – laki dan wanita juga berbeda. Laki – laki dewasa sebaiknya mengonsumsi 35 gram serat per hari. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan 30 gram setiap harinya.

  • Protein

Protein pada durian dapat membentuk antibodi. Protein juga dapat membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Tubuh tidak mampu memproduksi protein sendiri. Oleh sebab itu Anda harus mengonsumsi protein setiap hari.

Bagi laki – laki dewasa disarankan untuk mengonsumsi sekitar 60 sampai 65 gram setiap hari. Sedangkan bagi wanita dewasa disarankan mengonsumsi sekitar 55 sampai 60 gram setiap hari.

  • Vitamin C

Tidak kalah dari jeruk, durian juga kaya akan vitamin C. Vitamin ini sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Kebutuhan vitamin C harian berkisar antara 70 sampai 90 miligram. Namun vitamin C juga bisa dikonsumsi lebih dari itu, hingga 1.000 miligram per harinya.

  • Tiamin atau B1

Kandungan Tiamin atau B1 juga banyak ditemui pada buah eksotis ini. Tiamin berperan penting menjaga sistem syaraf dan jantung.

Tiamin harus dikonsumsi setiap hari. Kebutuhan konsumsi tiamin bagi laki – laki dewasa kisaran 1,2 miligram tiap hari.

Sedangkan bagi wanita, sebaiknya mengonsumsi 1,1 miligram tiamin tiap hari. Batasan tersebut bisa dinaikkan sesuai kebutuhan dan anjuran dokter bagi penderita penyakit beri – beri atau kekurangan vitamin B1.

  • Mangan

Mangan sangat penting bagi tubuh. Mangan berfungsi membentuk tulang dan jaringan ikat.

Mangan juga berguna untuk regenerasi sel darah merah. Kebutuhan mangan tiap harinya bagi seorang dewasa sekira 2 miligram mangan tiap harinya.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 atau Piridoksin memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Antara lain, menguatkan fungsi otak, mencegah penyakit jantung, dan mengatasi depresi.

Vitamin B6 wajib dikonsumsi tiap hari. Bagi orang dewasa, sebaiknya mengonsumsi vitamin B6 sebanyak 25 sampai 500 miligram per harinya.

  • Kalium

Manfaat durian juga mengandung kalium memiliki kegunaan yang penting bagi kesehatan. Antara lain, menstabilkan tekanan darah, mencegah kerusakan ginjal, stroke sampai penyakit jantung.

Setiap hari, bagi orang dewasa sebaiknya mengonsumsi 4.500 sampai 4.700 miligram kalium setiap harinya. Bagi ibu menyusui bisa menambah konsumsi kalium hingga 5.000 miligram tiap harinya.

  1. Riboflavin

Riboflavin biasa juga disebut dengan vitamin B2. Riboflavin berfungsi menjaga kesehatan kulit, memelihara saluran pencernaan, mengoptimalkan kinerja otak dan saraf.

Bagi laki – laki dewasa, Riboflavin dapat dikonsumsi hingga 1,3 miligram per harinya. Sedangkan bagi wanita dewasa bisa mengonsumsi sekitar 1,1 miligram per hari.

  1. Tembaga

Sama halnya dengan Riboflavin, Tembaga juga baik untuk otak dan syarat. Selain itu, Tembaga juga berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang.

Kebutuhan normal konsumsi Tembaga bagi laki – laki dan wanita adalah sama. Yakni sekira 0,9 miligram per hari.

Sebaiknya, tidak mengonsumsi Tembaga lebih dari 10 miligram per hari. Konsumsi tembaga berlebih bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal.

  1. Folat

Folat yang diambil dari manfaat durian berfungsi untuk mencegah kecacatan pada otak dan syaraf. Folat juga sangat penting untuk pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.

Namun ada mitos yang menyebut, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi durian. Padahal mitos tersebut tidak benar.

Selama mengonsumsi secukupnya, ibu hamil tetap boleh memakan durian. Namun jika memiliki riwayat diabetes dan obesitas, sebaiknya tidak makan terlalu banyak.

  1. Magnesium

Magnesium memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Magnesium dapat mengontrol kadar gula darah, tekanan darah, dan pembentukan struktur tulang.

Bagi laki – laki dewasa sebaiknya mengonsumsi Magnesium sebanyak 400 miligram per hari. Sedangkan bagi wanita dewasa bisa mengonsumsi 320 miligram untuk kebutuhan harian.

  1. Niasin

Niasin memiliki nama lain vitamin B3. Niasin mampu mengendalikan kolesterol, meningkatkan performa otak, menjaga fungsi kulit dan mengurangi gejala osteoarthritis.

Kebutuhan Niasin bagi laki – laki dewasa berkisar 16 miligram per hari. Sementara bagi wanita angka kecukupan gizi Niasin sebanyak 14 miligram perhari.

Tidak perlu lagi menyepelekan atau meragukan manfaat durian bagi kesehatan. Dari banyaknya kandungan gizi di atas, terbukti bahwa durian adalah buah sehat yang wajib dikonsumsi.