Durian Musang King Indonesia Paling Cocok Ditanam Dimana?

Durian musang king Indonesia adalah satu dari banyak jenis durian yang populer di negeri ini. Popularitasnya begitu tinggi. Mungkin ketika mengatakan tentang buah ini, kebanyakan akan langsung berpikir tentang jenis montong. Hal tersebut memang benar mengingat montong sendiri adalah jenis populer.

Buahnya terkenal besar. Selain itu, tingkat kemanisannya sangat tinggi sehingga membuat rasanya sangat terasa ketika mengenai lidah. Namun, tidak semua durian montong laris di pasaran. Itu karena, tidak semua orang menyukai tingkat kemanisannya yang begitu tinggi. Beberapa orang lebih menginginkan tipe yang tingkat kemanisannya lebih standar.

Disinilah durian musang king Indonesia muncul. Rasanya tidak seratus persen manis. Terdapat campuran antara rasa manis dan pahit. Dengan campuran stabil, lidah tidak akan kesulitan dalam mengkonsumsinya. Sebenarnya, terdapat banyak kelebihan yang dimiliki oleh tipe ini. Berikut mari membahas terlebih dahulu mengenai kelebihannya.

Kelebihan yang Dimiliki Jenis Musang King

Selain membicarakan rasa manis yang standar, kelebihan lain dari jenis ini akan nampak jelas pada teksturnya. Tekstur dari durian di Indonesia sendiri memang bermacam-macam. Mungkin, ada beberapa yang memiliki tekstur lembut. Namun sisanya, banyak juga yang memiliki tekstur kasar.

Tekstur kasar tersebut jelas sangat mengganggu. Ketika dikonsumsi, dagingnya tidak akan nyaman ketika dimasukkan ke kerongkongan. Kondisi tersebut tidak akan terjadi jika memilih durian musang king Indonesia. Dapat dikatakan, tekstur dari dagingnya sangat lembut. Hal ini jelas membuat lidah tidak akan kesulitan ketika mengkonsumsinya.

Selain lembut, dagingnya juga tidak terlalu basah. Beberapa orang memang tidak menyukai konsumsi durian karena sifat basah yang tidak nyaman di tangan. Selain itu, kondisi basah ini juga sering membuat bagian di dekat bibir terasa kotor. Hal ini juga menjadi alasan mengapa banyak orang tidak suka mengkonsumsinya.

Dengan sifat lebih kering yang dimiliki, permasalahan tersebut tidak akan terasa ketika mengkonsumsi durian musang king Indonesia. Ini jelas menjadi salah satu kelebihan yang layak diperhitungkan. Kondisi kering membuat tangan maupun bibir tidak akan terasa kotor ketika mengkonsumsinya.

Kelebihan lain juga akan terasa dari aroma buahnya. Durian memiliki aroma khas yang cukup tajam. Namun masalahnya, terdapat beberapa jenis dengan aroma yang tidak begitu kuat. Tidak adanya aroma tersebut jelas menurunkan cita rasanya sendiri. Disinilah letak keunggulan dari jenis ini dimiliki.

Aroma dari durian musang king Indonesia dapat dikatakan sangat harum. Dari jarak jauh juga aroma tersebut pasti sudah terasa. Tingkatan aromanya memang sangat tinggi. Namun tidak sampai mengganggu. Dapat dikatakan, keharuman yang dimiliki berada pada kadar pas sehingga nyaman ketika sedang dikonsumsi.

Jenisnya Paling Cocok Ditanam Dimana?

Durian musang king sebenarnya memiliki kemampuan adaptasi cukup tinggi. Dengan baiknya kemampuan adaptasi tersebut, tidak sulit untuk menanamnya. Bahkan banyak orang mengatakan jika tipe ini dapat ditanam pada seluruh wilayah Indonesia. Itu karena, Indonesia sendiri merupakan negara tropis dengan kualitas tanah tinggi.

Namun untuk tempat paling bagus, diperlukan lahan dengan cuaca sejuk namun tidak terlalu dingin. Kondisi tersebut sangat cocok untuk pertumbuhan durian musang king Indonesia. Jika diklasifikasikan, kondisi tersebut akan didapat pada lahan dengan ketinggian sekitar 500 mdpl.

Jika melihat pada wilayah dengan banyak kebun durian, kebanyakan memang memiliki tinggi lahan pada kisaran tersebut. Namun, hal berbeda akan terlihat jika pergi ke daerah Jawa Timur. Disana, kebanyakan petani durian akan menanam pohonnya pada ketinggian di di atas rata-rata.

Bahkan, beberapa petani disana menanam durian musang king Indonesia pada ketinggian hingga 1.000 mdpl.  Perlu diketahui, buah ini akan menjadi lebih pucat ketika ditanam pada tempat yang terlalu tinggi. Namun walaupun pucat, rasanya justru menjadi lebih baik. Bahkan, kombinasi pahit dan manisnya jauh lebih imbang.

Itulah tujuan yang dikejar oleh para petani malang. Ada banyak orang yang mempermasalahkan rasa manis dan pahit yang tidak seimbang ketika mengkonsumsi jenis musang king. Beberapa buahnya yang memiliki kualitas rendah memang seperti itu. Namun, kebanyakan jenisnya tidak akan membuat pengkonsumsinya merasa tidak nyaman.

Dengan ditanam pada tempat lebih tinggi, kemungkinan buruk tersebut dapat dihindari dengan baik. Hanya saja, para petani di daerah jawa timur memang sedikit kalah dari segi visual. Itu karena, tampilan yang sedikit pucat membuat beberapa konsumen lebih memilih durian musang king Indonesia dengan warna lebih hidup.

Perawatan Secara Total Perlu Dilakukan Dengan Baik

Walaupun kebanyakan wilayah Indonesia memiliki potensi tinggi untuk ditanami durian, perawatan secara total tetap perlu dilakukan. Apabila perawatan secara total tidak dilakukan dengan baik, kualitas buah seperti yang diharapkan tidak akan didapat. Teknik perawatan pertama adalah berhubungan dengan pupuk.

Sama seperti tanaman jenis lain, durian musang king Indonesia juga membutuhkannya. Pupuk paling penting dalam perawatannya adalah jenis kompos. Untuk menggunakan pupuk kompos, diperlukan kemampuan dalam meraciknya. Namun, proses peracikan tersebut sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan.

Pertama, ambillah satu sendok pupuk kompos. Walaupun satu sendok berjumlah sangat sedikit, jumlah satu sendok tersebut perlu dicampurkan dengan 10 liter air. Ini menjadi takaran yang sudah terbukti. Penggunaan pupuk kompos sendiri tidak perlu dilakukan terlalu sering. Cukup melakukannya sepuluh hari sekali.

Dengan takaran yang hanya menggunakan satu sendok per sepuluh liter air, penggunaannya jelas menjadi sangat awet. Untuk hasil yang lebih baik, merupakan keputusan tepat jika menambahkan juga pupuk kandang. Pupuk kandang yang digunakan sendiri adalah dengan jenis menyerupai tanah.

Tidak seperti pupuk kompos, pupuk kandang tidak perlu digunakan secara rutin. Itu karena, bentuk penggunaannya sendiri hanya sebagai pendukung. Jangan lupa juga untuk memerhatikan ulat dan hama lainnya. Jika ulat dan hama tersebut baru menyerang satu atau dua daun, buang saja daun tersebut dengan memisahkannya dari pohon.

Namun, biasanya penyerangan hama dilakukan secara cepat sehingga ada banyak bagian daun yang terkena. Apabila kondisi ini terjadi, merupakan keputusan tepat apabila melakukan penyemprotan dengan pestisida. Penyemprotan ini dilakukan agar pemotongan daun tidak perlu dilakukan. Namun, pastikan untuk tidak menggunakannya terlalu sering.

Perbedaan Durian Musang King dengan Jenis Lain

Durian musang king memiliki ciri sangat jelas dibanding jenis lain. Dari pohonnya saja, ukurannya sangat berbeda. Kebanyakan pohon durian memiliki tinggi 25 meter ke bawah. Kondisi ini jelas berbeda dengan jenis musang king yang tingginya bisa mencapai 50 meter. Perbedaan juga nampak jelas pada bentuk buahnya.

Bentuk buahnya lebih bulat. Namun bentuknya sedikit mirip telur burung unta karena bulat dan sedikit melonjong. Warnanya sendiri nampak lebih coklat. Jangan lupa juga untuk memerhatikan durinya. Biasanya duri pada jenis musang king akan menghilang pada bagian di dekat pangkal.

Dapat dikatakan, hampir semua wilayah di Indonesia memiliki potensi untuk menjadi lokasi perkebunan durian. Namun jika ingin menanam, pastikan agar serius dalam prosesnya. Sifat serius tersebut bisa membuat kualitas buah yang dihasilkan tidak mengecewakan. Dengan itu, anda bisa mendapatkan durian musang king Indonesia terbaik.