Keistimewaan Durian Musang King Dibandingkan Varian Durian Lainnya

Banyaknya jenis varian buah durian memang tidak bisa dibandingkan dengan keistimewaan durian musang king asal Malaysia tersebut. Musang king digemari oleh banyak pecinta buah durian karena rasanya manis disertai tekstur lembut saat memakannya. Sangat cocok sebagai kriteria durian terbaik dengan kualitas unggul daging buahnya tersebut.

Banyak dari setiap pecinta buah durian rela untuk membayar lebih untuk bisa merasakan durian musang king dengan kualitas terbaik. Untuk harga pasarannya sendiri sekitar 300 sampai 500 ribu per kilonya. Rasa daging yang sangat legit dibandingkan jenis varian buah lainnya tersebut menjadikannya raja buah sebanding dengan durian montong.

Saat ini warna kuning pada kunyit menjadi identitas menonjol durian musang king. Karena warna kuningnya sangat mirip, banyak orang menganggap keistimewaan durian musang king terletak pada warna dagingnya. Memang, warna tersebut terlihat menonjol dibanding varian lainnya. Termasuk juga ada varian lain yang memiliki warna menonjol sebagai identitasnya.

Durian dari kota Banyuwangi dan Manokwari contohnya, memiliki warna daging merah tidak seperti kebiasaan warna durian pada umumnya. Warna merah tersebut, tidak menghilangkan cita rasa legit khas buah durian yang sesungguhnya. Bahkan beberapa orang pecinta buah khususnya buah durian memiliki selera varian jenisnya sendiri.

Kualitas Daging Terbaik Raja Buah Musang King

Musang king saat ini dikenal dengan kualitasnya yang sangat menonjol. Tidak heran jika ketebalan dagingnya saja sudah menunjukkan keistimewaan durian musang king. Jika dipikir lebih dalam lagi, varian durian jenis ini memiliki perbandingan kualitas yang hampir sama seperti durian montong. Karena jika diperhatikan memang tekstur dagingnya hampir sama.

Dengan julukannya tersebut, musang king memang memiliki semua kriteria unggulan yang sesuai dengan raja buah durian. Selain tekstur tebal dan lembut, buah dengan kulit berduri tersebut memiliki rasa daging yang sangat manis dan mudah lumer saat dimakan di lidah. Walaupun tetap saja memiliki rasa pahit yang menjadi ciri khas buah durian.

Terutama bau menyengat dagingnya yang menjadi primadona tersendiri bagi penikmat buah durian. Bau buah durian memang dikenal sangat pekat dibanding jenis buah lainnya. Bau pekat tersebut bahkan tidak disukai oleh beberapa orang. Tapi tetap saja untuk pecinta buah, bau tersebut bukan masalah besar. Terlebih bagi yang ingin merasakan keistimewaan durian musang king.

Untuk baunya yang pekat tersebut bahkan bisa menjadi penanda bagaimana kematangan daging durian. Menurut pembudidaya buah durian, bau yang semakin pekat menandakan umur durian sudah melewati masa panen. Untuk panennya sendiri buah durian musang king bisa dibilang musiman namun juga bisa diambil setiap harinya.

Setiap musim panen musang king, harganya akan turun jauh lebih murah dibandingkan hari biasa ketika masih sedikit yang bisa dipanen. Bagi pecinta buah, musim panen bisa menjadi waktu yang tepat untuk memborong buah durian tersebut. Keistimewaan durian musang king tidak lebih dari kualitas daging yang lebih unggul dari pada varian lainnya.

Sudah Banyak yang Membudidaya Durian Musang King

Durian musang king saat ini sudah tersebar luas persebarannya hingga ke negeri Cina. Padahal awal ditemukannya masih terbilang muda di sekitar tahun 1990an. Saat itu durian musang king sangat jarang ditemui karena kualitas dagingnya berbeda dengan varian buah durian lainnya. Bahkan untuk namanya sendiri bukan durian musang king pada saat itu.

Unggulnya keistimewaan durian musang king dipatenkan namanya pada tahun 1993 oleh seorang warga Malaysia dengan nama durian kunyit. Namanya tersebut dibuat karena dagingnya yang berwarna kuning redup seperti warna kunyit. Saat itu durian tumbuh di kawasan Tanah Merah Kelantan negara Malaysia dengan lahan produktif penghasil buah durian berkualitas.

Warga saat itu dibuat kaget dengan kawasan Tanah Merah Kelantan karena menjadi lahan yang sangat subur sehingga mampu menghasilkan kualitas buah durian terbaik. Durian kunyit semakin dikenal banyak orang setelah namanya ada di sebuah majalah berita saat itu. Dengan seiring berjalannya waktu, varian durian tersebut berubah nama menjadi musang king.

Persebaran varian buah dengan kulit berduri tersebut semakin meluas. Thailand, Filipina, Malaysia dan Indonesia adalah negara bagian Asia yang memiliki lahan budidaya durian terluas. Keistimewaan durian musang king juga sudah sampai di negara-negara selain Malaysia. Dengan persebaran yang sangat cepat tersebut tidak heran jika namanya semakin dikenal.

Musang king menjadi primadona utama rajanya buah durian. Dengan daging tebal dan rasa yang sangat unggul menjadikannya buah dengan kualitas terbaik. Pekatnya bau durian terkadang membuat beberapa orang merasa tidak nyaman. Tetapi tetap saja pendapat orang tidak mempengaruhi kualitas unggul mengenai raja buah durian tersebut.

Banyaknya Varian Durian yang Tersebar di Indonesia Saat ini

Hingga saat ini sudah banyak orang yang berkeinginan membudidayakan durian musang king. Bahkan Indonesia sendiri memiliki lahan produktif aktif dalam budidaya durian musang king. Tepatnya di salah satu kawasan Jawa barat, Kota Bandung sebelah barat. Keistimewaan durian musang king bisa Anda temui dengan langsung mendatangi kawasan Cikalaog Wetan.

Tidak hanya musang king, terdapat jenis varian durian lainnya juga yang disukai oleh pecinta buah. Durian montong misalnya, dikenal dengan dagingnya yang tebal dan memiliki rasa manis khas. Durian ini sudah terkenal di Indonesia dengan persebarannya yang merata. Setiap pulau besar di Indonesia memiliki lahan persebaran durian montongnya sendiri.

Selain kedua varian tersebut, terdapat juga varian lainnya yang tersebar di Indonesia. Durian Merah berasal dari Jawa Timur, Durian Pelangi berasal dari Manokwari, Durian Bawor berasal dari Banyuwangi dan Durian Matahari dari Jawa Barat. Merupakan durian terkenal yang namanya bisa disandingkan dengan keistimewaan durian musang king.

Banyak pecinta buah durian rela mendatangi kawasan tersebut untuk mencicipi langsung daging durian musang king. Walaupun mungkin merogoh kocek lebih dalam karena bukan saat musim panen, namun tetap saja rasa durian musang king sangat sebanding dengan harganya. Siapa yang tahan jika dagingnya tebal dengan kualitas rasa dan tekstur terbaik.

Keistimewaan Durian Musang King Sebanding dengan Durian Montong

Buah ini umumnya memiliki kulit berduri yang keras, namun dagingnya bertekstur lembut saat dimakan dan berbau menyengat. Tapi faktanya ada juga durian dengan bau tidak menyengat dan cocok untuk Anda yang tidak tahan bau durian. Untuk durian jenis ini, memiliki warna daging seperti matahari. Oleh sebab itu dinamai durian matahari yang berasal dari Jawa Barat.

Baunya bisa dikatakan agak samar dengan warna daging kuning cerah. Durian jenis ini bisa ditemui di daerah Jawa Barat dan beberapa tempat yang sering menjual buah durian. Varian ini terkadang bisa ditemui jika pada saat musim panennya saja. Karena hanya sedikit yang membudidaya durian matahari. Tidak seperti durian montong yang tersebar luas di beberapa daerah.

Namun sebenarnya, durian montong bisa dibandingkan dengan musang king. Dagingnya tebal tekstur lembut dan manis legit memiliki persamaan yang hampir mirip. Durian montong sendiri berasal dari daerah Karanganyar bagian Jawa Tengah sebelah timur. Keistimewaan durian musang king dan durian montong selalu disejajarkan karena kualitas dagingnya yang unggul.