Enaknya Durian Musang King Selalu Menjadi Sasaran Pecinta Buah

Setiap pecinta buah pasti mengetahui tentang bagaimana enaknya durian musang king. Durian jenis ini awalnya hanya ditemui di negara Malaysia hingga namanya semakin dikenal oleh banyak orang dengan kelezatan daging buahnya. Dengan rasanya yang manis, musang king dinilai memiliki 80% ketebalan daging lebih banyak.

Ketebalan dagingnya tersebut yang menjadikannya sangat digemari pecinta buah khususnya bagi peminat buah durian. Banyak masyarakat menyukai varian durian ini karena dagingnya lebih lembut dari varian durian lainnya. Dengan kualitas daging yang lebih memuaskan dibanding durian lainnya, menyebabkannya dinamai rajanya buah durian.

Enaknya durian musang king semakin dikenal oleh negara-negara tetangga karena ketebalan daging buah dengan rasa legitnya tersebut. Sejarahnya, salah satu varian buah berduri tersebut dikenalkan di tahun 1990an dengan nama “Mau Shan Wang”. Nama tersebut memiliki sebutan lain yaitu raja kucing. Masih ditahun yang sama di sekitar 1990an, durian ini semakin dikenal.

Letak persebaran awal varian durian ini terletak di kawasan Kelantan negara Malaysia. Masyarakat saat itu heboh karena perkebunan durian daerah tersebut mampu menghasilkan kualitas buah durian yang lebih enak. Dengan warna emas redup seperti kunyit serta tebal berbiji kecil, durian ini mulai tersebar dan sampai sekarang dikenal dengan durian musang king.

Keistimewaan Durian Musang King Dibanding Varian Lainnya

Musang king memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan varian lainnya karena memiliki tekstur lembut yang sangat memuaskan bagi penikmatnya. Walaupun ada beberapa varian yang memiliki daging lebih banyak seperti durian asal Banyuwangi, durian Bawor, durian Montong dan durian merah. Namun tetap enaknya durian musang king melebihi varian lainnya.

Dengan tekstur lembut saat dimakan, musang king lebih digemari oleh pecinta buah dibandingkan varian buah berduri lainnya. Dengan rasa manis yang sangat legit dengan sedikit rasa pahit khas buah durian. Maka menjadikan musang king menjadi rajanya buah durian dengan setiap kelebihan yang diberikan saat memakannya tersebut.

Enaknya durian musang king memang digemari oleh banyak pecinta buah. Namun tetap saja ada masyarakat yang kurang menyukai dengan aroma menyengat khas buah durian. Setiap varian buah memiliki bau khasnya yang sangat menyengat. Walaupun begitu, bagi pecinta buah durian aroma khasnya menjadi primadona tersendiri sebelum menyantap buah berduri tersebut.

Saat menyentuh lidah, tekstur lembut rasa manisnya membuat setiap orang tidak merasa bosan untuk memakannya. Namun tetap saja, harus dilihat setiap porsinya agar tidak mudah terserang penyakit. Setiap varian buah memiliki manfaat dan bahayanya sendiri ketika Anda memakannya. Termasuk buah durian jika terlalu banyak memakannya akan sangat membahayakan.

Setiap memakan buah durian Anda harus selalu memberikan batasan mengenai berapa biji buah yang cukup sesuai porsinya. Meskipun enaknya durian musang king sangat menggiurkan, namun tetap saja Anda harus memiliki batasan agar tidak mudah terserang penyakit. Terutama bagi orang tua dengan sistem imun yang tidak sebagus saat masih muda.

Manfaat dan Bahaya Terlalu Banyak Makan Buah Durian

Untuk buah durian sendiri Anda bisa mendapatkan manfaat saat memakannya. Buah yang satu ini memiliki manfaat seperti meningkatkan energi dalam tubuh, melawan infeksi kanker dan menurunkan kadar gula dalam tubuh. Meskipun buahnya terasa manis, para peneliti meyakini jika rasa manis alami buah durian sangat membantu jika dimakan sesuai porsinya.

Enaknya durian musang king memiliki manfaat lain dengan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh serta kaya akan kandungan antioksidan. Sehingga dengan memakan daging raja buah tersebut Anda dapat mencegah diare, memperbaiki infeksi pada organ pencernaan dan memperbaiki sembelit pada yang menderitanya.

Kandungan nutrisi dalam buah durian sangat kaya seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B6, potasium, serat, riboflavin dan kalsium. Dengan banyaknya kandungan nutrisi dalam buah durian, ternyata terdapat juga bahaya yang mengintai penikmatnya jika tubuh tidak kuat dengan semua kandungan. Terlalu banyak memakannya akibat melebihi porsi sangat membahayakan bagi tubuh.

Bahaya jika terlalu banyak memakannya adalah jantung berdebar cukup kencang. Karenanya, untuk orang berusia tua sangat berbahaya jika mengonsumsi buah durian secara berlebih. Enaknya durian musang king sering dimakan bersamaan dengan pelengkap lainnya. Namun ingat jangan sekali kali memakan durian bersamaan dengan minuman bersoda.

Jika memakan durian dengan minuman bersoda, efeknya akan sangat berbahaya bagi pencernaan. Karena kandungan dalam soda bisa mempengaruhi pencernaan yang secara bersamaan dikonsumsi bersama semua nutrisi dalam buah durian. Untuk itu perlu diperhatikan porsi makan yang cukup bagi Anda yang ingin menikmati berbagai varian buah durian.

Persebaran Musang King dan Budidayanya di Indonesia

Enaknya durian musang king sendiri sudah sampai dikenal di masyarakat Indonesia. Bahkan ada tempat budidayanya sendiri dengan cara mencangkok bibit pohonnya. Dengan persebarannya yang sudah meluas sampai ke negara-negara bagian Asia. Negara Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand menjadi negara dengan pemasok buah durian di Asia.

Untuk negara penghasil durian terbanyak karena memiliki lahan budidaya yang luas. Thailand menjadi pemasok durian terbanyak di seluruh negara bagian Asia. Thailand mampu mengekspor durian ke negara Australia, Sri Lanka, Vietnam, China, Kamboja, India dan Laos. Dengan persebarannya tersebut di Indonesia sendiri juga memiliki lahan untuk membudidaya buah durian musang king.

Perkebunan di daerah Cikalong Wetan atau lebih tepatnya di daerah Bandung bagian barat menjadi lahan aktif budidaya durian musang king. Enaknya durian musang king selalu memiliki banyak peminat dan bahkan orang juga rela datang langsung ke perkebunannya untuk mencoba durian musang king. Bahkan di Cikalong sendiri sering mengirimkan durian ke daerah lainnya.

Durian musang king dinilai dengan kualitas dagingnya yang tebal berwarna kuning keemasan dan hampir menyerupai warna kuning kunyit. Teksturnya lembut dan manis sedikit pahit menjadikannya memiliki harga jual yang tinggi. Per kilonya sendiri bisa dibanderol dengan harga 300 – 500 ribu. Tidak heran jika membudidaya durian musang king bisa memiliki omzet banyak.

Enaknya Durian Musang King Terjamin sebagai Rajanya Buah

Dengan persebaran durian musang king yang sudah ada di Indonesia, para pecinta buah tidak perlu bingung lagi jika ingin mencarinya dengan mendatangi perkebunannya secara langsung. Namun jika Anda menemui penjual durian musang king di daerah kota Anda, pastikan dulu bagaimana ciri varian durian yang dijual tersebut.

Buah dengan kulit berduri ini memiliki ciri yang hampir sama dengan varian lainnya. Tetapi Anda juga bisa mengetahui dengan melihat pangkalnya yang berwarna coklat. Untuk kulit berdurinya berbentuk lonjong dan memiliki lima garis pemisah di antara kulitnya. Durinya memiliki ukuran yang sama dan merata ke seluruh bagian durian.

Untuk dagingnya berbentuk agak lonjong dengan tekstur lembut. Dagingnya tebal dan berwarna keemasan agak suram seperti kunyit. Teksturnya lembut dan mudah dipisahkan dari bijinya. Memang durian musang king tidak berbeda jauh dari durian lainnya. Namun enaknya durian musang king tidak bisa dibandingkan dengan jenis varian buah durian lainnya.