Ide Olahan Buah Durian Paling Nikmat, Bisa Buat Jualan

Kumpulan olahan buah durian bisa jadi ide untuk memulai usaha sendiri alias jualan. Apalagi masyarakat Indonesia termasuk yang gemar sekali mengonsumsi jenis buah ini ketika musimnya. Tidak heran jika harganya di pasaran juga relatif tinggi, bahkan untuk jenis durian musang king bisa mencapai Rp 150 ribuan per kilogramnya.

Durian sendiri termasuk jenis buah yang bisa diolah dari berbagai resep makanan maupun minuman. Bahkan tidak sedikit kedai-kedai yang secara khusus menjajakan olahan duren dan ternyata sangat diterima baik oleh para konsumen. Hal itu karena cita rasa buah ini sangat istimewa, maka tidak heran jika harganya mahal karena memang permintaan pasar juga cukup tinggi.

Bosan dengan cara makan durian yang begitu-gitu saja? Nah, berikut kami berikan rekomendasi berbagai olahan buah durian, baik makanan maupun minuman yang bisa jadi ide usaha. Penasaran? Yuk, simak daftar olahan buah durian selengkapnya disini, siapa tahu bisa jadi sumber pendapatan menjanjikan kedepannya.

Daftar Olahan Buah Durian Kategori Makanan

Buah dengan ciri khas berduri tajam ini ternyata bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat, seperti kue-kuean hingga sop. Berikut beberapa ide olahan buah durian kategori makanan paling menggoda lidah:

  • Pancake durian

Menurut informasi, resep membuat pancake ini pertama kali dikenalkan oleh orang Medan dan sekarang menjadi salah satu olahan durian paling banyak peminatnya. Tidak hanya dijual di toko-toko kue saja, pancake ini sekarang sudah bisa dibeli secara online. Warna-warnanya yang menarik membuat pancake ini laku keras di pasaran.

  • Bubur durian

Mengolah buah ini menjadi bubur sebenarnya sangat mudah, Anda bisa memadukannya dengan bubur biasa maupun bubur kacang hijau. Setelah bubur matang, tinggal menambahkan buah di atasnya, lebih bagus jika bijinya dibuang terlebih dahulu. Soal rasanya juga tidak perlu diragukan lagi, benar-benar nikmat.

  • Puding

Siapa sih yang tidak suka puding, makanan bertekstur kenyal ini juga bisa Anda buat dari daging buah duren. Untuk membuat tekstur pudingnya bisa menggunakan agar-agar warna putih. Pas banget disantap saat musim panas, apalagi jika dicampur dengan es.

  • Kue Sus Vla

Selain pancake, jenis kue ini juga populer di kalangan masyarakat Indonesia. Anda bisa memanfaatkan buah durian yang manis menjadi bahan dasar kue sus vla. Setiap gigitannya benar-benar nikmat, dijamin bikin ketagihan untuk menyantapnya. Apalagi jika Anda memakai jenis buah musang king yang bertekstur tebal dan manisnya sempurna.

  • Strudel

Strudel berasal dari Turki, tapi sekarang sangat mudah di temukan di Indonesia. Namun masih sangat sedikit yang memodifikasi strudel dari buah duriah, padahal bisa jadi peluang usaha kedai makanan yang menjanjikan. Karena keduanya termasuk jenis panganan yang difavoritkan oleh orang-orang.

  • Serabi

Pernah makan serabi durian? Olahan buah durian yang satu ini memang sedang hits dan banyak dicari. Jika di daerah Anda belum ada yang menjualnya, maka ide makanan ini bisa jadi alternatif. Ditambah dengan taburan keju parut di atasnya semakin membuat serabi duren nikmat disantap.

Daftar Olahan Buah Durian Kategori Minuman

Selain olahan buah durian dalam bentuk makanan, buah ini juga bisa dibuat jadi minuman-minuman segar yang menggugah selera. Bisa dijadikan pelengkap saja, tapi juga bisa diolah jadi beberapa minuman berikut ini:

  • Es krim

Aroma buah durian yang berpadu dengan lembutnya es krim membuat siapapun tidak bisa menolaknya. Apalagi bagi yang memang gemar makan es krim, Anda bisa bikin sendiri di rumah dengan bahan utama durian.

  • Jus durian

Beberapa orang mungkin kurang suka menikmati buah berduri tajam ini secara langsung. Mereka lebih suka membuat jus durian, karena selain enak juga tidak membuat mual.

  • Milkshake

Bosan dengan jus? Alternatif lainnya bisa diolah jadi milkshake yang merupakan perpaduan antara susu dan duren segar. Cara membuatnya bisa dengan diblender atau dibikin smoothies dengan alat khusus.

Selain beberapa ide olahan tersebut, buah ini sebenarnya cukup enak dicampurkan ke berbagai minuman es secara utuh. Misalnya dijadikan toping pada es teller, es buah dan masih banyak lainnya. Bagi penggemar duren, apapun olahannya dijamin pasti suka karena cita rasa khas dari buah ini tidak hilang meskipun diolah dengan berbagai resep.

Tips Memilih Durian yang Bagus Untuk Diolah

Melihat beberapa rekomendasi olahan buah durian di atas, pasti banyak yang tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah. Agar hasil olahan optimal dan rasanya enak, pastikan Anda memilih jenis buah yang berkualitas unggul. Apalagi di pasaran ada banyak varietas buah durian yang bisa dipilih, misalnya jenis musang king.

Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan macam buah durian lainnya, tapi daging buah durian musang king tidak mengecewakan. Warnanya kuning, tebal dan lembut dimakan, tidak heran jika musang king bisa mengalahkan pamor durian montok. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin membuat olahan-olahan durian, maka bisa menggunakan varietas musang king ini.

Selain itu, pilihlah jenis buah yang memang matang sempurna, tapi tidak terlalu matang karena biasanya sangat lembek. Apalagi jika dibuat menjadi minuman, lebih bagus jika daging buahnya masih utuh sempurna karena akan terlihat menarik dijadikan topping.

Jika memang Anda tertarik untuk menjadikan buah ini sebagai ide usaha jualan, maka bisa membeli dari petaninya langsung. Karena jika Anda membeli dari distributor biasanya harganya hampir dua kali lipat lebih mahal. Maka dari itu tidak ada salahnya mencari referensi pembudidaya durian musang king dengan harga terjangkau.

Peluang Usaha Makanan dan Minuman Dari Durian

Sebagai tambahan informasi, Kami akan memberikan sedikit gambaran peluang usaha makanan dan minuman olahan buah durian. Jika melihat kondisi pasar di Indonesia, memang usaha ini memiliki masa depan yang cukup baik. Apalagi orang-orang jaman sekarang lebih menyukai jenis produk siap makan.

Alih-alih membeli durian dalam versi utuh, lebih banyak yang membeli produk bekunya karena bisa bertahan berhari-hari untuk stok di rumah. Ditambah lagi fakta bahwa buah ini semakin banyak peminatnya karena cita rasanya yang lezat dan baunya sangat khas. Maka jangan ragu untuk mencoba peluang usaha jualan makanan dan minuman durian.

Saat ini juga mulai bermunculan franchise kedai makanan durian yang ternyata memang memiliki banyak peminat, mulai dari kalangan anak muda hingga orang dewasa. Hal itu karena sampai kapanpun durian akan menjadi jenis buah paling digandrungi meskipun harganya lumayan mahal.

Bekerjasamalah dengan pemasok buah yang dapat memberikan harga terjangkau, sehingga keuntungan Anda semakin besar. Apalagi di jaman yang sudah canggih saat ini tidak sulit untuk mendapatkan informasi supplier durian terbaik dengan harga terjangkau.

Tertarik? Masih banyak ide olahan-olahan durian lainnya yang tidak kalah nikmat selain daftar di atas. Bagi ibu-ibu rumah tangga, tidak ada salahnya coba peluang usaha jualan makanan olahan durian, siapa tahu bisa jadi sumber pendapatan. Semoga informasi tentang olahan buah durian di atas bisa menjadi ide buat para pembaca, mau bikin makanan dan minuman apa nih?