Cara Memilih Durian yang Berdaging Tebal dan Manis, Cek

Masih banyak yang belum mengetahui cara memilih durian berdaging tebal dan bercita rasanya manis. Bagi Anda yang tidak terbiasa membeli buah berduri ini memang biasanya kesulitan membedakan mana buah berkualitas paling bagus. Dari luar mungkin kelihatan tidak ada bedanya satu buah dengan buah lainnya.

Membicarakan tentang durian, saat ini memang sedang musimnya sehingga mudah kita temukan di pasar maupun penjual pinggir jalan. Apalagi Indonesia sendiri termasuk negara yang tanahnya cukup subur untuk pohon durian. Jenisnya pun juga ada bermacam-macam, salah satunya musang king yang digadang-gadang akan mengalahkan popularitas durian montong.

Apakah Anda salah satu yang juga menyukai buah dengan nama latin Durio zibethinus ini? Namun belum bisa membedakan buah yang berkualitas bagus dan tidak? Tenang saja, pembahasan kali ini kami akan mengulas beberapa trik cara memilih durian yang mempunyai cita rasa manis dan berdaging tebal. Mari simak.

Tips-tips Cara Memilih Durian yang Manis dan Berdaging Tebal

Durian merupakan jenis buah-buahan yang punya harga relatif lebih mahal dibandingkan jenis buah lainnya. Anda yang sangat menyukai jenis buah ini harus rela membayar mahal untuk menikmati kelezatan daging buah ini. Maka dari itu, pastikan Anda mengetahui cara memilih durian yang manis serta berdaging tebal, berikut diantaranya:

  • Prioritaskan yang bentuknya membulat.

Menurut informasi, buah duren dengan bentuk membulat mempunyai isi lebih banyak dibandingkan yang bentuk lonjong atau oval.

  • Pertimbangkan berat buah

Bagi yang belum pernah membeli, mungkin akan memprioritaskan buah yang memiliki bobot besar. Mereka menganggap bahwa buah yang berbobot lebih berat akan mempunyai isian lebih banyak. Justru pilihlah jenis buah durian yang punya bobot tidak terlalu berat karena itu menunjukkan tingkat kematangan. Durian-durian yang punya bobot berat tersebut biasanya karena bijinya besar.

  • Perhatikan tangkainya

Mungkin sebagian orang akan mempertimbangkan buah berdasarkan ukuran, aroma dan warnanya. Namun ternyata, bagian tangkai juga bisa menjadi pertimbangan ketika memilih durian. Prioritaskan buah yang mempunyai tangkai pendek dan tebal karena menunjukkan buah tersebut telah matang dan berdaging tebal.

Begitu juga jika pada bagian tangkainya terlihat panjang dan ramping maka menunjukkan daging buahnya kurang tebal. Jadi pertimbangkan untuk memperhatikan karakteristik ini sebelum membeli durian.

  • Cium aromanya

Untuk memastikan apakah buah terasa manis dan lezat bisa melalui aromanya. Jika aromanya cenderung harum, buah tersebut mempunyai daging tebal, rasanya manis dan berwarna kuning. Semakin menyengat aromanya maka buah tersebut semakin berkualitas bagus. Sehingga Anda tidak perlu membelah durian, cukup angkat untuk mencium aromanya.

  • Kulit buah

Masih banyak masyarakat lebih memilih buah yang sudah sedikit terbuka kulitnya. Alasannya karena bisa lebih memastikan isi dagingnya apakah sudah matang. Padahal justru durian yang masih mempunyai kulit rapat tertutup, memiliki cita rasa yang lebih manis.

  • Warna

Masih banyak yang salah kaprah terhadap cara memilih durian, mereka hanya melihat dari warnanya saja. Padahal warna tidak mempengaruhi kenikmatan daging buah tersebut. Tidak semua buah yang memiliki warna hijau belum matang, karena ada beberapa jenis yang memang memiliki karakteristik berwarna hijau.

Sedangkan yang berwarna coklat mengindikasikan buah telah matang sempurna. Hanya saja tidak menunjukkan apakah buah durian tersebut manis atau tidak.

Karakteristik Durian yang Manis dan Matang

Selain beberapa cara memilih durian seperti yang sudah dijelaskan diatas, Anda juga bisa memperhatikan faktor-faktor lainnya yang turut menjadi cara mempertimbangkan durian manis dan matang. Salah satunya dengan mengetuk-ngetuk buah tersebut seperti yang sering dilakukan oleh para penjual ketika memilihkan untuk pembelinya.

Lakukan dengan hati-hati agar tidak melukai tangan karena kulit durian sangat tajam. Durian yang sudah matang biasanya mempunyai bunyi seperti tidak berongga atau masif. Berbeda dengan buah yang belum matang biasanya mempunyai bunyi seperti berongga atau beruang. Karakteristik bunyi berongga ini juga menandakan durian tersebut tidak lagi segar.

Perhatikan juga pada bagian bentuk durinya sebagai cara memilih durian paling gampang. Menurut informasi, duri yang terlihat jarang dan ukurannya pendek-pendek diyakini punya cita rasa lebih manis. Begitu juga sebaliknya, jika durinya terlihat rapat dan panjang-panjang biasanya daging buahnya juga cukup sedikit.

Perhatikan juga pada bagian atas buah, yang dapat menunjukkan berapa lama buah tersebut diambil atau jatuh dari pohon. Apabila tangkainya sudah kering sekali dan tidak lagi bergetah maka mengindikasikan buah tersebut sudah lama. Lebih bagus jika memilih yang masih bergetah karena menunjukkan buah tersebut masih cukup segar.

Membeli buah durian berdasarkan musim ternyata juga berpengaruh terhadap isi bijinya. Lebih disarankan membeli ketika musim panas karena selain isinya yang lebih banyak juga rasanya lebih manis dibandingkan ketika musim dingin atau penghujan.

Tips Memilih Jenis Durian Musang King

Selain mengetahui cara memilih durian secara umum, perhatikan juga beberapa tips untuk membeli jenis Musang King. Varietas durian ini sedang populer di Indonesia dan bahkan popularitasnya mengalahkan duren montong. Meskipun harganya bisa mencapai 150 ribuan per kilogramnya, tapi banyak yang memburu Musang King.

Agar tidak tertipu oleh penjual nakal, tentunya Anda juga harus mengetahui bagaimana ciri-ciri durian musang king, berikut beberapa karakteristiknya:

  • Durian Musang King yang sudah mampu mempunyai bentuk bulat agak membujur, tapi tidak terlalu lonjong.
  • Daging buahnya tebal dan berwarna kuning, terutama yang sudah matang sempurna. Warna kuning seperti kunyit, sehingga jenis ini sering disebut durian kunyit. Daging buahnya juga mempunyai kepekatan cukup tinggi dibandingkan jenis durian biasa.
  • Aromanya sangat kuat dan rasanya sangat manis, tapi ketika digigit ada sedikit rasa getir atau pahit.
  • Punya ciri khas kulit buah seperti ada semburat yang mengarah ke pangkal buah. Agar lebih jelas tanda kamu perhatikan terlebih dahulu gambar-gambar musang king yang banyak beredar di internet untuk mengetahui mana yang asli dan tidak.

Manfaat-manfaat Konsumsi Durian Bagi Kesehatan

Buah durian tidak hanya mempunyai cita rasa yang lezat dan nikmat ketika disantap, tapi juga mengandung komposisi-komposisi bermanfaat untuk kesehatan. Buah ini kaya akan berbagai macam vitamin dan nutrisi, serta antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah terserang penyakit berbahaya.

Mitos yang beredar, konsumsi durian bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol. Padahal buah dengan cita rasa manis ini tidak punya kolesterol sama sekali. Sehingga sangat aman dikonsumsi oleh orang dewasa, asalkan tidak berlebihan. Bahkan durian juga diyakini dapat mengurangi resiko terserang hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Selain itu, durian sangat baik dikonsumsi bagi penderita susah tidur. Karena zat-zat yang terkandung pada buah ini dipercaya dapat mengatasi masalah insomnia. Bahkan durian juga dapat menurunkan resiko terserang gangguan mental karena bisa mengurangi stres.

Dengan penjelasan diatas, maka jangan sampai Anda salah dalam memilih buah durian. Apalagi sekarang banyak penjual-penjual nakal yang sengaja memanipulasi varietas durian. Maka dari itu, pastikan sudah mengetahui cara memilih durian sesuai jenisnya sebelum Anda membeli agar tidak kecewa nantinya.