Mitos dan Fakta Buah Durian Terhadap Kesehatan, Ternyata Begini!

Tidak sedikit yang penasaran mengenai mitos dan fakta buah durian terhadap kesehatan jika sering dikonsumsi. Durian sendiri merupakan salah satu jenis buah-buahan yang tumbuh di daerah tropis, tepatnya di kawasan Asia tenggara. Indonesia menjadi salah satu negara yang tanahnya ditumbuhi oleh pohon durian dari berbagai varietas, salah satunya jenis musang king.

Banyak juga yang menyebut buah ini sebagai raja dari dunia perbuahan dengan ciri-ciri kulitnya keras dan berduri tajam. Dikenal memiliki harga yang cukup mahal, masyarakat Indonesia termasuk gemar mengonsumsi buah durian. Apalagi buah ini dapat diolah menjadi berbagai resep makanan maupun minuman.

Keanekaragaman variasi durian berpusat di Kalimantan, tapi juga banyak ditemukan di daerah lain seperti semenanjung Malaya, Sumatera dan Jawa meskipun tidak melimpah layaknya di Pulau Kalimantan. Dibalik rasanya yang manis, ternyata ada beberapa mitos dan fakta buah durian.

Itulah yang akan kami bahas secara lengkap disini mengenai mitos dan fakta buah durian yang harus diketahui oleh orang-orang. Jadi sebelum mempercayai rumor-rumor yang beredar dan tidak benar seputar buah berduri tajam ini, cek kebenarannya di sini menurut para ahli.

Mitos dan Fakta Buah Durian Menurut Ahlinya

Hampir sebagian besar diantara kita pasti suka makan buah durian, apalagi yang berdaging besar. Namun tidak sedikit juga yang khawatir mengenai mitos-mitos negatif buah durian terhadap kesehatan. Berikut Kami telah merangkum beberapa mitos dan fakta buah durian yang harus dipahami kebenarannya, diantaranya:

  • Benarkah bisa meningkatkan berat badan secara drastis?

Sama seperti jenis buah lainnya, tentu buah ini juga mempunyai kandungan kalori di dalamnya. Menurut informasi, dalam satu biji buah dengan berat kurang lebih 40 gram mengandung setidaknya 54 kalori. Jadi, efek meningkatnya berat badan tergantung dari jumlah buah yang Anda konsumsi, tentu masing-masing punya porsi berbeda.Benarkah bisa meningkatkan kolesterol?

Tidak sedikit juga yang menganggap bahwa Durio zibethinus dapat meningkatkan kolesterol. Padahal fakta yang sebenarnya buah dengan cita rasa manis ini tidak mengandung kolesterol sama sekali alis zero kolesterol. Justru buah ini memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang akan meminimalisir kadar kolesterol jahat di tubuh anda.

  • Benarkah buah ini kaya nutrisi?

Betul sekali, buah yang mendapat julukan king of fruit ini mempunyai komposisi nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, terutama meningkatkan imunitas kekebalan tubuh. Kami akan memberikan penjabaran fakta buah durian terhadap kesehatan secara lengkap pada sub pembahasan berikutnya.

  • Benarkah jika buah dimakan dengan minuman beralkohol bisa menyebabkan risiko kematian?

Anggapan yang satu ini juga termasuk mitos karena memang hingga sekarang tidak ada studi secara klinis mengenai kematian akibat memakan buah durian dengan minuman beralkohol. Hanya saja, sebaiknya keduanya tidak dikonsumsi secara bersamaan karena bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan seperti muntah.

Daftar Kandungan Buah Durian  dan Penjelasannya

Agar lebih memahami tentang fakta buah durian yang dilihat dari segi manfaatnya untuk kesehatan, ketahui beberapa kandungannya berikut:

  • Kaya akan antioksidan

Buah ini menjadi salah satu jenis buah-buahan yang didalamnya memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Zat tersebut berfungsi untuk menghambat tumbuhanya radikal bebas sebagai penyebab munculnya penyakit berbahaya seperti kanker.

  • Serat

Kandungan serat di dalam buah juga cukup efektif menurunkan kolesterol jahat sehingga membantu melancarkan peredaran darah sebagai upaya menjaga fungsi kinerja jantung.

  • Kalium

Selain serat dan antioksidan, buah ini juga mengandung kalium yang berkhasiat menurunkan tekanan darah, menjaga kekuatan otot, serta melancarkan kinerja metabolisme organ tubuh lainnya.

  • Karbohidrat

Buah durian juga mempunyai komposisi karbo yang cukup baik untuk menjaga kesehatan. Jadi tidak heran apabila setelah makan buah ini perut Anda terasa kenyang,

Fakta buah durian yang mempunyai khasiat bagus bagi kesehatan tidak terlepas dari komposisi dan kandungan di atas. Di atas juga telah kami jelaskan beberapa mitos yang tidak benar seputar buah berduri tajam ini. Untuk lebih jelasnya, kami juga akan menjabarkan beberapa manfaat secara spesifik jika mengonsumsi durian.

Manfaat Konsumsi Buah Durian untuk Kesehatan

Ada kabar baik untuk Anda yang gemar mengonsumsi durian, karena buah ini cukup bagus untuk menjaga kesehatan. Secara spesifik, berikut beberapa fakta buah durian yang efektif menjaga kesehatan manusia, diantaranya:

  1. Membantu menjaga kesehatan dan melancarkan sistem pencernaan tubuh karena memiliki komposisi serat yang lumayan tinggi. Sehingga dengan mengonsumsi buah durian bisa membantu mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.
  2. Banyak mitos yang menganggap bahwa konsumsi durian bisa menyebabkan kerusakan jantung, tapi faktanya justru buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga kesehatan jantung lebih terjaga. Hal itu karena durian mempunyai kandungan serat yang cukup banyak di dalamnya.
  3. Kandungan antioksidannya juga cukup efektif membantu mencegah penuaan dini karena dapat meregenerasi sel-sel yang rusak dan menggantinya dengan sel-sel baru.
  4. Kandungan kalium pada buah durian juga efektif untuk menjaga tekanan blood dalam kadar normal sehingga dapat mengurangi resiko terserang tekanan darah tinggi atau hipertensi
  5. Menurunkan resiko terserang anemia karena buah ini mempunyai zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah.
  6. Mengkonsumsi durian juga dapat menurunkan resiko kanker karena adanya kandungan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas dan mencegah pembentukan sel-sel yang tidak normal. Kandungan antioksidan tersebut juga akan membantu menurunkan resiko terserang penyakit kanker, apalagi komposisi vitaminnya juga tinggi.
  7. Dapat mencegah gangguan persendian karena mengandung vitamin c tinggi. Kandungan ini juga berperan untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit.
  8. Fakta buah durian lainnya juga diyakini dapat mengatasi masalah susah tidur atau insomnia karena mengandung senyawa tryptophan. Senyawa tersebut berperan untuk memberikan rasa ngantuk sehingga dapat mengatasi insomnia.
  9. Manfaat lainnya, buah yang mempunyai duri tajam ini dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang karena mengandung potasium.
  10. Berdasarkan hasil studi, kandungan vitamin B6 pada buah durian diyakini dapat menurunkan risiko stres atau depresi sehingga dapat mencegah gangguan mental atau sejenisnya.

Tips Konsumsi Durian dengan Benar

Untuk mendapatkan khasiat dari buah yang memiliki nama latin Durio zibethinus ini tentu harus dikonsumsi dengan cara benar. Berikut beberapa tips mengonsumsi durian dengan benar untuk membantu menjaga kesehatan:

  1. Memperhatikan kematangan buah

Konsumsi buah durian dengan tingkat kematangan sempurna dan tidak terlalu lembek adalah yang terbaik. Karena kadar gulanya juga belum terlalu tinggi sehingga aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan diabetes.

  1. Makan secukupnya

Tentu saja apapun yang berlebihan itu tidak baik, jadi sebaiknya konsumsi buah-buahan apapun secukupnya saja. Jika berlebihan dikhawatirkan akan menyebabkan naiknya gula darah dalam tubuh.

  1. Sembari minum air putih

Alih-alih makan durian dengan minum alkohol, sebaiknya memakan buah ini sembari minum air putih untuk melancarkan metabolisme tubuh.

Melihat beberapa mitos dan fakta buah durian di atas, bisa disimpulkan bahwa buah ini sangat aman dan bagus untuk menjaga kesehatan asalkan dikonsumsi dengan cara yang benar.