Mengenal Buah Durian Musang King, Ciri-ciri, Harga & Manfaatnya

Buah durian musang king saat ini menjadi varietas yang cukup digemari oleh para penggemar buah berduri tajam ini. Tidak sedikit yang menganggap bahwa jenis durian ini merupakan asli dari Indonesia, tapi menurut informasi, musang king berasal dari Negeri Jiran Malaysia.

Tepatnya pada tahun 2011, nama musang king mulai populer dan bahkan popularitasnya mengalahkan duren montong yang sudah lebih dulu terkenal. Banyak juga yang menyebut musang king sebagai durian raja kucing dengan ciri khas daging buah tebal, besar dan manis.

Meskipun memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan durian lokal umumnya, tapi musang king ternyata banyak peminatnya. Bisa kita lihat di supermarket maupun pasar-pasar buah tradisional, varietas ini hampir selalu dicari saat musim durian tiba. Melihat peluang pasarnya yang besar tersebut, tidak sedikit petani-petani buah tertarik untuk mencoba budidaya buah durian musang king.

Namun, dalam pembahasan kali ini Kami tidak akan mengulas tata cara budidaya musang king. Mari kita kenali lebih dalam dulu tentang macam buah durian ini, lengkap beserta ciri-ciri, harga di pasaran hingga manfaatnya. Yuk, simak!

Karakteristik Buah Durian Musang King

Agar tidak tertipu oleh penjual nakal, sebaiknya ketahui beberapa karakteristik pohon dan durian musang king yang tentunya berbeda dengan varietas lainnya. Pohon ini dapat mencapai tinggi hingga mencapai 30 sampai 50 meter dari permukaan tanah. Ciri khas daunnya meruncing di bagian ujung dan tampak oval/lonjong.

Dilihat dari warnanya, daun pohon jenis durian ini memiliki warna hijau cerah. Tapi jika diperhatikan di bagian bawah daun terlihat warna perak atau keemasan. Posisi daunnya pada batang tampak bertangkai dan berseling-seling. Sekilas mungkin pohon buah durian musang king tidak jauh berbeda dengan pohon duren pada umumnya.

Lalu bagaimana ciri-ciri buahnya? Buah yang dikenal berasal dari Malaysia ini mempunyai ciri khas bentuk yang terlihat besar, bulat dan tampak agak melonjong. Di sisi pangkal buahnya sedikit rata berduri dan berwarna coklat. Ciri lainnya, bisa Anda lihat di kulit buah ada lima garis/line yang mengarah ke pangkal, seperti membentuk pola bintang.

Sedangkan jika diperhatikan dari bentuk duri-duri pada kulitnya tampak seperti pyramid karena setiap sisinya merata. Adapun berikut beberapa karakteristik lainnya buah durian musang king:

  1. Berat per buah yang sudah matang rata-rata 1 – 1.3 kilogram
  2. Daging buah berwarna kuning cerah dan terlihat mengkilat
  3. Memiliki daging buah yang tebal dan pekat
  4. Aromanya cukup kuat dengan biji tidak terlalu besar, normal pada umumnya
  5. Pada ujung buahnya terlihat  semburat garis berwarna kelabu
  6. Biasanya akan merekah setelah 24 jam jatuh

Sebagai tambahan informasi, untuk mendapatkan kualitas buah musang king yang bagus harus berasal dari bibit berkualitas juga. Inilah mengapa budidaya durian musang king membutuhkan persiapan yang tepat, apalagi masa tumbuhnya juga lama. Sehingga jika tidak tumbuh dengan optimal maka akan sia-sia dan tidak bernilai jual tinggi.

Keunggulan Varietas Durian Musang King

Buah durian musang king memang terbilang masih baru masuk ke Indonesia, tapi ternyata cukup mendapatkan perhatian dari para penggemar buah berduri tajam. Berikut beberapa keunggulan variestas durian asal Negeri Jiran Malaysia ini:

  1. Cita rasa yang tidak perlu diragukan lagi. Durian primadona ini bahkan digadang-gadang akan mengalahkan pamor duren montong asal Thailand. Soal rasanya pun sangat juara dengan ukuran daging buahnya yang tebal, manis dan tidak bikin mual. Warnanya yang kuning mengkilat juga membuatnya tampak lebih istimewa.
  2. Memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik. Terbukti dari semakin banyak pohon-pohon musangking yang ditanam di tanah Indonesia, sehingga tidak perlu repot-repot impor. Pohon bisa tumbuh optimal pada ketinggian tanah sekitar 450-550 meter di atas permukaan laut. Tapi di beberapa daerah Pulau Jawa, durian ini bisa tumbuh dengan baik hingga ketinggian tanah lebih dari 900 mdpl.
  3. Semakin banyak variasi genetiknya, seperti musang king kaki ganda dan kaki tiga. Seperti yang kita ketahui bahwa pohon yang ditopang lebih dari satu kaki akan menghasilkan buah lebih berkualitas. Apalagi jenis duren ini juga mempunyai kemampuan tumbuh cepat dan bisa berbuah meskipun ukuran pohon masih pendek.
  4. Memiliki sifat genjah, yang artinya musang king mempunyai ciri khas lebih mudah berbuah dibandingkan jenis durian lainnya. Apabila budidaya dan pemeliharaan pohon dilakukan secara tepat maka bisa panen setelah pohon berusia 3 tahunan. Sementara pada jenis pohon durian pada umumnya baru bisa dipanen ketika usianya sekitar 5  tahunan.
  5. Mempunyai nilai pasar yang cukup tinggi, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai peluang usaha. Terutama bagi Anda yang memang tinggal di daerah subur, bisa banget coba menanam sendiri durian musang king. Siapa tahu bisa menjadi investasi yang cukup menjanjikan di masa depan, ditambah dengan daya tumbuhnya yang cepat.

Harga Durian Musang King di Pasaran

Jika membicarakan tentang harga buah durian musang king, tidak heran jika harganya relatif lebih mahal. Apalagi dengan kelebihan-kelebihan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lalu kira-kira berapa harganya per kilogram?

Nilai market varietas duren ini cukup tinggi dengan harga per kilogram mencapai lebih dari Rp 130 ribuan. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, duren ini dibanderol dengan harga mencapai Rp 150 ribuan per kilogram. Namun, Anda bisa mendapatkan harga dibawah standar tersebut jika membeli langsung dari petaninya.

Banyak juga yang menjual durian musang king dalam bentuk buah utuh beku, bahkan memiliki harga jual lebih mahal mencapai Rp 400 ribuan. Memang harganya jauh lebih mahal daripada buah durian lokal yang hanya sekitar Rp 50 ribuan per butir untuk harga standarnya.

Bukan hanya harga buahnya saja yang mahal, bibit musang king juga dihargai cukup tinggi mencapai Rp 300 ribuan, tergantung kualitasnya. Meskipun begitu, tidak sedikit yang tertarik mencoba menanam sendiri untuk budidaya.

Manfaat Konsumsi Durian Musang King

Buah durian musang king memiliki segudang nutrisi yang dapat membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh. Jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat, buah ini dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh sehingga tidak mudah diserang berbagai penyakit. Durian juga dikenal sebagai pencegah hipertensi yang efektif dibandingkan jenis buah lainnya.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam daging buah juga turut berperan dalam menangkal penyebaran radikal bebas penyebab kanker. Adanya komposisi  Zat trypopan juga berkhasiat untuk mencegah resiko penyakit mental akibat tingkat stress yang tinggi. Masih banyak manfaat-manfaat lainnya jika Anda mengonsumsi buah ini, namun yang paling penting jangan sampai berlebihan.

Sudah kenal tentang durian musang king bukan? Melihat dari penjelasan di atas, tidak heran jika harga buah ini cukup mahal. Namun jika Anda membeli dari petaninya secara langsung, biasanya akan mendapatkan harga lebih miring. Yuk, coba sendiri kelezatan cita rasa daging buah durian musang king ini.