Mengenal Jenis Senam dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Sudahkah Anda mengenal jenis senam? Atau hanya menganggap bahwa semua senam itu sama saja? Jika masih memiliki pikiran seperti itu, maka Anda salah besar. Faktanya ada banyak sekali jenisnya dan setiap jenis memiliki gerakan berbeda-beda. Apalagi manfaatnya juga berbeda-beda bagi tubuh.

Sebenarnya, melakukan olahraga apapun itu memiliki tujuan sama, yaitu membentuk tubuh menjadi lebih ideal. Namun tentu saja harus dibarengi dengan pola hidup dan makan sehat. Akan percuma jika Anda melakukan berbagai macam gerakan olahraga seperti senam jika pola makan masih sembarangan.

Antara pola makan dan olahraga tentu harus seimbang. Olahraga hanya sebagai cara supaya tubuh menjadi lebih luwes. Sedangkan pola makan sehat membantu Anda menjaga tubuh tetap mendapatkan energi ketika olahraga. Jadi keduanya perlu Anda seimbangkan supaya tubuh ideal bisa didapatkan nantinya.

Namun, sebagai salah satu olahraga paling ringan, tentu senam memiliki banyak sekali jenisnya. Apalagi setiap jenis memiliki gerakan dan bahkan manfaat berbeda-beda. Karena itu, sangat penting sekali mengenal jenis senam. Terutama jika ingin memaksimalkan potensi pada setiap gerakan dengan dibarengi pola makan sehat.

Senam Artistik

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa gerakan artistik menjadi yang paling populer di dunia. Bahkan dimasukan dalam olimpiade pada setiap edisi. Pada dasarnya gerakan pada senam artistik memadukan antara aspek akrobatik dengan aspek tumbling. Jadi tidak heran jika setiap gerakan memiliki ciri khas tertentu.

Sebagai tambahan, umumnya ada alat bantu untuk mempermudah gerakan. Ada banyak alat bantu yang bisa digunakan dalam perlombaan. Biasanya berupa gelang besar, palang sejajar, hingga pelana kuda-kuda. Gerakan artistik memang sangat unik dan bisa dikatakan sebagai satu-satunya dengan alat bantu.

Banyak orang mengenal jenis senam ini karena manfaatnya bagi tubuh. Memang pada dasarnya setiap gerakan yang dibuat bertujuan untuk kelenturan tubuh. Tidak heran jika setiap atlet senam artistik memiliki kelenturan tubuh diatas rata-rata. Bahkan bisa melewati lubang gelang dengan ukuran kecil sekalipun.

Namun bukan itu saja. Selain melenturkan tubuh, otot bisa menjadi lebih kuat dengan melakukan gerakan artistik. Bahkan sendi-sendi tubuh juga menjadi lebih lentur. Jadi apabila Anda ingin memiliki tubuh lentur seperti atlit, lakukan gerakan ini secara rutin. Anda bisa melakukannya setiap pagi.

Senam Aerobik

Mungkin sudah banyak orang mengenal jenis senam satu ini. Bahkan sejak kecil pasti Anda sudah akrab dengan setiap gerakannya. Selain itu, gerakan-gerakan aerobik juga menjadi yang paling populer di Indonesia. Jadi tidak heran jika semua orang sudah hafal betul dengan setiap gerakannya.

Jenis senam ini pada umumnya dilakukan dengan iringan musik atau irama tertentu. Jadi ritme gerakan disesuaikan dengan musik yang dipakai. Selain itu pada setiap gerakan dilakukan dengan cara sederhana. Misalnya saja menggerakan tangan dari kanan ke kiri beberapa kali dengan iringan musik.

Dengan cara seperti ini, denyut jantung menjadi lebih stabil dan terkontrol. Gerakan yang sederhana dan tidak mendadak memberikan jeda waktu pada aliran darah untuk bereaksi. Selain itu, paru-paru juga akan mengikuti sesuai detak jantung. Semakin stabil detak jantung maka semakin stabil juga pernapasan.

Mengenal jenis senam aerobik memang sangat mudah. Selain dari iringan musik, bisa juga dikenali melalui gerakan lambatnya. Karena tujuan setiap gerakan adalah untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu membuat jantung lebih kuat serta menjadikan paru-paru sehat sehingga pernapasan jadi lancar.

Senam Ritmik Sportif

Mungkin tidak banyak orang yang mengenal jenis senam satu ini. Meskipun pada dasarnya ini menjadi salah satu cabang lomba di beberapa pesta olahraga dunia. Selain itu tidak banyak orang bisa melakukan gerakan-gerakan ritmik sportif. Banyak orang menganggapnya terlalu sulit dilakukan meski sudah berlatih.

Jika dilihat secara sekilas, ritmik sportif merupakan perpaduan antara aerobatik dan artistik. Alasanya adalah karena selain menggunakan alat bantu, gerakan ritmik sportif juga diiringi oleh musik. Namun alunan musik memiliki tempo yang sedikit lebih cepat. Jadi perlu kelincahan khusus untuk mengikuti setiap gerakannya.

Biasanya alat bantu yang dipakai adalah pita panjang, bola, tali, hingga gada dengan bentuk tertentu. Gerakan ritmik sportif juga hampir mirip dengan balet karena membutuhkan kelincahan pada kaki dan anggota tubuh lain. Tidak salah memang jika setiap gerakan dianggap lebih sulit daripada lainya.

Ritmik sportif memiliki manfaat untuk meningkatkan kelincahan, ketangkasan, dan daya tahan tubuh. Setiap anggota tubuh dituntut untuk mampu mengikuti irama musik yang cukup cepat. Jadi ketika Anda ingin mahir dalam gerakan ritmik sportif, maka rajinlah berlatih karena gerakannya terkenal cukup sulit.

Senam Trampolin

Anda suka bermain trampolin? Jika iya maka jenis senam ini mungkin bisa Anda coba. Gerakan-gerakan yang ada pada jenis senam ini pada dasarnya hampir sama dengan akrobatik. Hanya saja dilakukan dengan memanfaatkan trampolin sebagai medianya. Jadi gerakan sederhana dilakukan setelah memantul.

Lebih menarik lagi adalah Anda bebas melakukan gerakannya. Tidak ada patokan tertentu untuk melakukannya. Karena itu banyak orang menganggapnya sebagai salah satu gerakan senam paling mudah. Bahkan Anda sendiri bisa mengkreasikan atau membuat gerakan sendiri ketika berada di udara setelah memantul.

Namun perlu diperhatikan ketika memantul, Anda harus berhati-hati. Pasalnya jika salah mendarat bisa saja malah terkena bagian tepi. Bagian ini biasanya terbuat dari besi atau plastik khusus. Karena itu jika jatuh menimpa tepi, pasti tubuh akan terasa sakit dan bukan sehat yang didapatkan, melainkan sakit.

Ada banyak sekali gerakan yang bisa dipakai. Anda bisa melakukan lompatan sederhana, melakukan pergerakan kaki berbagai arah, atau bahkan jungkir balik. Secara umum setiap gerakan bermanfaat bagi otot-otot tubuh dan ketangkasan. Karena itu juga banyak orang mengenal jenis senam ini karena gerakannya sederhana.

Senam Umum

Pasti sudah banyak yang mengenal jenis senam ini karena hampir setiap minggu dilakukan pada acara car free day. Pada dasarnya banyak orang mengenalnya dengan nama Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). SKJ sendiri merupakan gabungan dari banyak jenis senam dan kemudian dijadikan jadi satu.

Menariknya, SKJ juga diiringi oleh musik tertentu untuk memacu setiap orang lebih semangat. SKJ mampu dipelajari lebih mudah karena biasanya ada instruktur yang memimpin di depan. Jadi ketika Anda ikut SKJ di hari minggu saat car free day, tidak perlu takut salah gerakan.

Secara umum, SKJ sangat bermanfaat bagi semua anggota tubuh. kesehatan jantung dan peredaran darah menjadi lebih baik dengan SKJ. Bukan hanya itu saja, SKJ juga berguna untuk mengatur pernafasan supaya lebih stabil. Anggota tubuh juga menjadi lebih ringan dengan melakukan SKJ secara rutin.

Menjaga kesehatan tubuh memang sangat perlu dilakukan. Berbagai cara bisa dilakukan mulai dari termudah hingga tersulit. Melakukan gerakan senam yang sederhana mungkin adalah salah satu alternatifnya. Gerakan sederhana namun memiliki manfaat besar bagi tubuh. Apalagi sudah banyak mengenal jenis senam beserta gerakannya.